Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/28/2013

Contoh Media Di Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

Di zaman pembelajaran bahasa Inggris modern saat ini, sudah menjadi keharusan untuk seorang guru keluar dari kebiasaan lamanya dimana mereka hanya mengajar saja tanpa menggunakan alat bantu media. Dewasa bahasa Inggris ini sudah semakin di butuhkan, oleh sebab itu seorang siswa harus mencapai kemampuan berbahasa inggris yang baik dan benar. Dengan demikian, prestasi tersebut pasti bukanlah hal yang mudah untuk dicapai apabila guru masih menggunakan cara mengajar yang sama seperti 6 atau 10 tahun yang lalu.

Memang dahulu siswa yang tidak menguasai bahasa inggris di berikan toleransi, namun saat ini sudah sangat berbeda, siswa-siswa pada zaman ini harus menguasai bahasa inggris minimal pasif. Oleh karena itu, siswa-siswa tersebut harus diberikan sistem pengajaran yang benar dan tepat, agar kemampuan bahasa inggris mereka baik dan tidak tertinggal dengan yang lainnya. Ketertinggalan sangat berdampak langsung untuk kemajuan bangsa, karena pada saat ini bahasa Inggris merupakan kunci menuju persaingan internasional.

Dalam mengajarkan bahasa inggris yang baik dan tepat serta sesuai, sangat di perlukan sekali media untuk pembelajaran bahasa inggris tersebut. Berikut merupakan contoh media pembelajaran bahasa inggris :

1. Media gambar ekspresi wajah
Biasanya media ini di gunakan untuk anak -anak sekolah dasar yang baru memulai belajar bahasa inggris. Misalkan, Anda membuat 5 gambar wajah dan masing-masing tersebut menampilkan ekspresi tersenyum, tertawa, menangis, cemberut, dan marah. Anda bisa memperlihatkan gambar-gambar tersebut sambil memberi tahu bahasa inggrisnya dari gambar tersebut, contohnya sedih yaitu sad, biarkan anak-anak tersebut menalar sambil menghafal kosa kata tersebut.

2. Media sepotong penggaris
Media ini biasa di gunakan untuk anak-anak tingkat menengah pertama, yaitu dengan teknik memerintahkan semua siswa untuk mengatakan hal yang sama.

3. Media laptop, MP3 Player, atau Tape Recorder

Menggunakan media laptop, MP3 Player, atau Tape Recorder dirasa sangat tepat untuk anak-anak tingkat menengah keatas karena ketiga alat elektronik tersebut dapat digunakan dalam pelajaran untuk mendengarkan atau listening, sehingga mudah untuk di hafal cara pengucapannya.