Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/29/2013

Inovasi Dalam Pendidikan

Inovasi atau "discovery" dan "invention" dalam bahasa inggris adalah suatu ide, gagasan, barang, dan kejadian, serta metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru, bagi seseorang atau pun sekelompok orang atau masyarakat. Inovasi ini diadakan untuk mencapai dari tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu. Inovasi ini terkadang juga di pakai untuk menyatakan penemuan, karena hal yang baru itu adalah hasil dari penemuan penemuan.

Sedangkan Inovasi pendidikan adalah inovasi yang terdapat di bidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah di bidang pendidikan. Inovasi pendidikan ini pada dasarnya merupakan suatu perubahan atau pun hasil dari pemikiran cemerlang di bidang pendidikan dengan bercirikan suatu hal baru atau pun yang berupa praktik-praktik pendidikan tertentu atau pun berupa produk dari suatu hasil olah pikir dan pula olah teknologi yang di terapkan melalui beberapa tahapan tertentu yang di percaya dan di maksudkan untuk memecahkan berbagai persoalan mengenai pendidikan yang timbul dan memperbaiki suatu keadaan pendidikan tersebut atau pun proses kegiatan pendidikan tertentu yang saat ini terjadi di masyarakat.

Berikut ini adalah contoh-contoh dari inovasi pendidikan dalam setiap komponen pendidikan atau pun komponen sistem sosial menurut B. Miles :

1. Pembinaan personalia. Inovasi ini sesuai dengan komponen personal misalnya : sistem kenaikan pangkat, peningkatan mutu guru, aturan tata tertib siswa.

2. Banyaknya personal dan wilayah kerja. Inovasi pendidikan yang beraspek

3. Fasilitas fisik. Inovasi dari pendidikan ini di sesuai dengan komponen ini misalnya: perubahan pengaturan dinding ruangan, perubahan bentuk tempat duduk, perlengkapan perabot laboratorium bahasa, penggunaan CCTV dan lain sebagainya.

4. Penggunaan waktu. Inovasi yang dengan aspek relevan dengan komponen ini misalnya: pengaturan waktu belajar

5. Perumusan tujuan. Inovasi yang relevan dengan komponen ini, misalnya: perubahan rumusan tujuan pendidikan nasional, perubahan tujuan tiap jenis sekolah dan sebagainya.

6. Prosedur mengajar

7. Peran yang diperlukan

8. Wawasan dan perasaan

9. Bentuk hubungan antar bagian atau mekanisme kerja

10. Hubungan dengan sistem yang lain

11. Strategi mengajar