Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/21/2013

Manfaat IT Dalam Pendidikan

Information technology (IT) atau yang biasa kita sebut teknologi informasi (TI) tanpa kita sadari telah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari, mulai dari internet, wordprocessor, spreadsheet dan database, kini itu semua telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Teknologi informasi telah menjadi suatu hal yang penting bukan hanya untuk orang yang terjun di dalam bidang komputer, teknik, atau perbankan maupun sains saja, namun telah menjalar ke berbagai bidang.

Komputer dan teknologi informasi sekarang ini sudah sampai pada taraf pervasif, yang telah menjadi satu alat dalam proses kegiatan belajar dan mengajar sehari-hari, mulai dari menulis laporan, perangkat analisis, mengumpulkan tugas, sampai dengan ke pelaksanaan percobaan.

Kondisi yang seperti ini memberikan peluang bagi dunia pendidikan untuk menggunakan komputer dan teknologi informasi (TI) sebagai sarana yang baik untuk meningkatkan mutu atau kualitas belajar mengajar di dalam sekolah. Bila diamati dengan studi empiris dan obervasi pemanfaatan TI pada bidang pendidikan, khususnya di dalam sekolah-sekolah sangat beragam. Terlebih untuk penerapan TI di dalam inovasi media pembelajaran TI.

Jika kita amati melalui studi empiris dan observasi pemanfaatan TI dalam bidang pendidikan di sekolah-sekolah, mulai dari pra sekolah sampai menengah atas sangatlah beragam, khususnya penerapan di dalam inovasi media pada pembelajaran berbasis TI. Manfaat TI dalam dunia pendidikan sangat banyak, diantaranya :

1. TI dapat dijadikan alat model sistem pembelajaran, teknologi informasi menawarkan beragam macam dalam pemanfaatannya dalam sistem pembelajaran misalnya Computer Managed Learning (CML), Computer Mediated Communication (CMC), dan Computer Assisted Instruction (CAI). Bentuk dari pemanfaatan TI itu sendiri yang mutakhir dalam pembelajaran adalah proses pembelajaran melalui dunia maya atau yang biasa di sebut dengan virtual learning.

2. TI merupakan sumber informasi ilmu pengetahuan, banyak sekali cara untuk memperoleh sumber informasi ilmu pengetahuan, salah satunya adalah memanfaatkan TI.

3. TI adalah media pembelajaran multimedia, Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar juga dapat dilakukan dengan menggunakan komputer dan projector dan juga sarana multimedia sehingga lebih interaktif.

4. TI merupakan sarana pengembangan tenaga pengajar supaya lebih profesional, teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan profesional para tenaga pengajar.