Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/20/2013

Cara Menjadi Guru

Profesi sebagai guru adalah profesi yang sangat penting. Guru adalah pencetak generasi penerus manusia. Jika seorang guru mengajar secara tidak profesional maka beresiko untuk menciptakan generasi penerus yang rusak dan bisa menghancurkan peradaban dalam masyarakat. Guru yang profesional sangat mutlak dibutuhkan.

Cara menjadi guru yang profesional diawali dengan meluruskan niat. Niat adalah hal yang penting dalam setiap pekerjaan, entah itu pekerjaan ibadah, pekerjaan keseharian, ataupun profesi. Sebagai manusia kita harus meluruskan niat, termasuk dalam profesi sebagai seorang guru. Niatkan secara ikhlas, sukarela sehingga akan berusaha meningkatkan kualitas dari pengajaran.

Membetulkan motivasi yang baik adalah salah satu cara untuk menjadi seorang guru yang profesional. Motivasi yang baik adalah melakukan demi aktualisasi diri. Hal ini berkaitan dengan pekerjaan terbaik yang kita tekuni adalah pekerjaan yang disukai. Jadi, sebelum memutuskan menjadi guru ada baiknya diketahui apakah Anda mencintai kegiatan mengajar serta mendidik. Apabila Anda suka mengajar, maka anda akan sukarela berusaha untuk mengajar secara baik.

Cara menjadi guru selanjutnya adalah dengan mempelajari materi ajar terus menerus. Sebagai guru tidak berarti akan berhenti belajar, apalagi mempelajari materi yang diajarkan. Seorang guru harus terus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai materi diajarkan. Guru juga harus terus mengikuti perkembangan terbaru mengenai materi yang diajarkan.

Seorang guru harus mengamalkan materi ajar dalam kehidupan. Hal ini maksudnya apa yang diajarkan guru harus bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pengamalan ilmu dalam kehidupan akan melekat pada orang tersebut, penerapan hal ini juga bisa memperluas pemahaman serta rasa cinta diri atas ilmu yang diajarkan.

Mempelajari metode mengajar yang efektif juga merupakan cara menjadi guru profesional. Ahli pendidikan sudah mengemukakan berbagai metode mengenai pengajaran yang efektif. Guru yang profesional juga harus bisa mempelajari murid yang dididik. Pengenalan akan anak didik ini adalah secara umum ataupun secara personal. Dengan adanya pengenalan dengan murid maka guru akan semakin mudah dalam memilih metode dalam interaksi, penjelasan, menjawab, dan pada saat dia bersama muridnya.