Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/06/2013

Kreativitas Belajar

Kreativitas belajar berasal dari dua kata yaitu kreativitas dan belajar. Jika dilihat dari segi etimologi kreativitas berasal dari bahasa inggris “creativity” yang mempunyai arti daya cipta dan dalam kamus besar bahasa Indonesia kreativitas yaitu kemampuan untuk mencipta. Kreativitas juga diartikan kegiatan yang mendatangkan hasil dengan sifat baru, bermanfaat da bisa dimengerti.

Belajar adalah perubahan dari yang belum sempurna menjadi suatu kesempurnaan yang akhirnya menghasilkan pengalaman, pengetahuan atau ketrampilan. Jadi bisa disimpulkan bahwa kreativitas belajar merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dengan sengaja untuk membantu memecahkan suatu masalah dalam hal belajar.

Orang kreatif akan berhasil mencapai gagasan, ide, pemecahan masalah, hal baru, cara kerja. Untuk mencapainya, terkadang harus melewati beberapa tahap. Tahap pertama adalah tahap persiapan yang merupakan latar belakang perkara dan problematikanya. Tahap kedua adalah konsentrasi yaitu proses untuk memikirkan dan menyersap perkara yang dihadapi. Tahap ketiga adalah inkubasi yaitu mencari aktivitas untuk melepaskan diri dari pikiran tentang masalah yang di hadapi.

Tahap keempat adalah iluminasi yaitu mendapatkan ide gagasan, penyelesaian, cara kerja dan jawaban baru. Tahap yang kelima atau yang terakhir adalah verifikasi/ produksi. Tahap ini adalah tahap untuk menghadapi dan memecahkan masalah praktis yang berhubungan dengan perwujudan gagasan, ide, penyelesaian, pemecahan, cara kerj dan jawaban baru.

Penting untuk memupuk kreativitas dan dikembangkan pada diri seorang anak karena dengan berkreasi seseorang bisa mewujudkan dirinya menjadi lebih baik. Perwujudan diri ini merupakan salah satu kebutuhan pokok didalam hidup manusia. Sebuah kreativitas adalah kemampuan untuk melihat berbagai macam kemungkinan tentang penyelesaian akan suatu permasalahan. Suatu kreatifitas tidak hanya berguna namun juga memberikan kepuasan bagi seseorang.

Sebuah kreativitas memberi kemungkinkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Karakteristik pemikiran yang kreatif berkaitan erat dengan lima ciri kemampuan dalam berfikir yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, penguraian, perumusan dan kembali. Seseorang bisa disebut mempunyai pemikiran yang kreatif apabila mempunyai semua atau sebagian karakteristik tersebut.