Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/06/2013

Pengertian Prestasi Belajar

Pengertian Prestasi belajar terdiri dari dua kata yaitu kata prestasi dan belajar. Diantara kata prestasi dan kata belajar memiliki arti yang tidak sama. Untuk itu ada baiknya pembahasan ini difokuskan dulu pada tiap permasalahan lebih dulu, agar memperoleh pemahaman lebih jauh tentang makna kata prestasi serta belajar. Keadaan ini guna mempermudah pemahaman lebih mendalam mengenai pengertian prestasi belajar.

Prestasi merupakan sebuah hasil dari suatu kegiatan yang dilakukan baik dengan cara sendiri maupun dengan cara kelompok. Ada juga yang berpendapat bahwa prestasi merupakan apa yang telah dapat dihasilkan, hasil suatu pekerjaan, hasil yang membahagiakan hati yang didapat dengan cara keuletan dalam berusaha.

Berdasarkan pengertian tersebut, maka terlihat adanya perbedaan pada kata-kata tertentu, tapi pada intinya sama yaitu sebuah hasil yang didapat atas suatu aktivitas. Maka dapat dipahami bahwa prestasi merupakan sebuah hasil dari kegiatan yang sudah dilakukan, diciptakan, yang membahagiakan hati, yang didapat dengan cara keuletan kerja, yang dilakukan secara individual atau secara kelompok dalam suatu bidang kegiatan tertentu.

Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilaksanakan oleh seseorang guna mendapat suatu perubahan tingkah laku yang baru dengan cara keseluruhan, sebagai akibat pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungan. Pengertian belajar secara sederhana seperti yang sudah dikemukakan, bisa diambil suatu pengertian mengenai hakekat dari aktivitas belajar yaitu suatu perubahan yang terjadi dalam diri seseorang.

Menurut ahli yang lain mengemukakan bahwa prestasi belajar merupakan suatu hasil yang telah diperoleh atau didapat seorang anak yang dituangkan dalam bentuk nilai dari mata pelajaran yang dipelajari. Prestasi belajar adalah hasil yang menyebabkan perubahan dalam diri seseorang sebagai akibat dari aktivitas belajar.

Dari penelusuran uraian tersebut, maka bisa dipahami bahwa pengertian prestasi belajar merupakan hasil atau taraf kemampuan yang sudah dicapai seorang murid sesudah mengikuti proses belajar mengajar pada masa tertentu baik berupa perubahan pada tingkah laku, keterampilan serta pengetahuan dan lalu akan diukur serta dinilai yang kemudian dituangkan dalam pernyataan nilai atau angka.