Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/03/2013

Strategi Belajar Mengajar

Awal mulanya istilah strategi dipakai di dunia militer dan mempunyai arti sebagai penggunaan seluruh kekuatan untuk memenangkan sebuah peperangan. Untuk mengatur suatu strategi maka seseorang akan lebih dahulu menimbang kekuatan pasukan miliknya baik dari jumlah maupun kualitasnya. Jika semua sudah diketahui barulah dia menyusun sebuah tindakan yang harus dikerjakan mengenai siasat perang dan tehniknya serta waktu yang tepat untuk menyerang.

Dari hal tersebut bisa disimpulkan bahwa strategi dipakai untuk mendapatkan kesuksesan dan keberhasilan untuk mencapai tujuan. Di dunia pendidikan, strategi mempunyai arti sebagai perencanaan yang berisis mengenai serangkaian kegiatan yang dibuat untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi dipakai dalam banyak konteks belajar mengajar. Strategi juga mempunyai arti sebagai pola umum aktivitas guru dan peserta didik dalam menunjukkan kegiatan belajar mengajar.

Strategi belajar mengajar menunjukkan karakteristik tentang rentetan perbuatan antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Strategi belajar mengajar merupakan perencanaan yang berisi mengenai rangkaian aktivitas yang dibuat untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditentukan. Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru dan murid supaya tujuan pembelajaran bisa dilakukan secara efektif dan efisien.

Strategi mengajar adalah sebuah cara yang dipakai guru dalam menjalankan proses belajar mengajar agar bisa mempengaruhi peserta didik untuk mencapai tujuan pengajaran dengan lebih efisien dan efektif. Jadi strategi belajar mengajar ada pada proses pelaksanaan yang menjadi tindakan nyata guru pada saat mengajar berdasarkan pada aturan dalam pengajaran. Strategi pembelajaran harus mengandung penjelasan mengenai prosedur dan teknik yang dipakai pada proses pembelajaran.

Ada berbagai metode atau teknik tentang strategi pembelajaran yang bisa dipakai. Teknik tersebut antara lain dengan diskusi, kerja kelompok, penemuan dan simulasi. Selain itu para pengajar juga bisa memakai teknik eksperimen, demonstrasi, karya wisata, teknik penyajian lapangan, sosiodrama, teknik penyajian kasus, teknik penyajian secara sistem regu, latihan, dialog, ceramah, dan pemberian tugas. Berbagai metode sebagai bagian strategi pembelajaran dimaksudkan untuk memperoleh hasil belajar seperti yang diharapkan.