Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/24/2013

Penelitian Etnografi

Penelitian etnografi merupakan salah satu pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian etnografi dalam bidang sosiologi serta antropologi. Penelitian ini pernah dikerjakan oleh peneliti yang bernama Jonathan Kozol, dia melakukan penelitian dalam rangka melukiskan impian dan perjuangan warga kulit hitam komunitas yang miskin serta terpinggiran pada daerah Bronx, New York.

Penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan ini kemudian sangat banyak digunakan dalam penelitian lingkungan pendidikan/sekolah. Menurut Hubberman dan Miles seperti yang dikutip Lodico, spaulding dan voegtle, etnografi ini berasal dari dua kata yunani yakni ethos dan graphos. Artinya penelitian tentang kelompok budaya. Sedangkan menurut Schensul dan Clompte penelitian etnografi merupakan teknik penelitian yang berfungsi untuk menemukan ilmu pengetahuan yang terdapat / terkandung di dalam sebuah budaya / komunitas tertentu.

Menurut Airasian, Mills dan Gay, etnografi merupakan studi tentang pola kebudayaan serta perspektif pastisipan di dalam latar alamiah. Menurut Haris yang telah dikutip Cresswell, penelitian etnografi merupakan sebuah model kualitatif dimana peneliti menjabarkan serta menginterpretasikan pola perilaku, kepercayaan, nilai serta bahasa yang dipahami dan digunakan oleh suatu kelompok. Peneliti etnografer meneliti desain yang diikuti 1 kelompok, misalnya oleh beberapa orang lebih dari 20, jumlah yang jauh lebih besar dibandingkan yang biasa diteliti di dalam grounded theory. Tapi dapat juga lebih sedikit seperti sejumlah guru di dalam suatu sekolah tapi tetap di dalam lingkup kelompok besar ( sekolah ).

Dalam melakukan penelitian etnografi seorang peneliti harus membuat hubungan yang sangat dekat dengan narasumber dari obyek komunitas penelitiannya. Sebagai contoh peneliti etnografi Jonathan Kozol diatas, untuk meneliti perkumpulan kulit hitam di bronx, ia juga ikut hidup di sana dalam beberapa bulan denhan tujuan untuk dapat menyelami kehidupan mereka.

Dengan berjalannya waktu masyarakat di sana mulai percaya dan yakin kepada Kozol serta mau berbagai tentang perasaan terdalam mereka serta mengenai perbedaan warna kulit dan kemiskinan. Etnografi meneliti sebuah proses serta hasil akhir. Jadi akhir dari penelitian etnografi adalah membuat karangan yang kaya gambaran jelas serta mendalam tentang obyek penelitian / thick description. Sedikit ulasan ini semoga dapat menambah wawasan anda akan penelitian etnografi sehingga bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.