Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/25/2013

Penelitian Media Pembelajaran

Penelitian media pembelajaran merupakan usaha sadar serta terencana untuk merealisasikan suasana belajar serta proses pembelajaran supaya peserta didik mampu secara aktif mengembangkan bakat yang ada pada dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian, akhlak mulia, kecerdasan, pengendalian diri dan keterampilan yang dibutuhkan dirinya, masyarakat, negara dan bangsa. Undang-undang dasar ( UUD ) republik Indonesia tahun 45’ pasal 31 ayat 1 mengatakan bahwa semua warga negara Indonesia memiliki hak memperoleh pendidikan, serta ayat 3 mengatakan bahwa pemerintah harus mengusahakan serta menyelenggarakan 1 sistem pendidikan nasional untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan serta akhlak mulia dan sopan santun dalam rangka mencerdaskan bangsa yang telah diatur dalam undang – undang. Dengan begitu, semua komponen bangsa harus mencerdaskan kehidupan bangsa karena merupakan salah 1 tujuan utama negara Indonesia.

Dalam era globalisasi saat ini sangat banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di dalam proses pembelajaran sekolah. Seperti perpustakaan yang sangat lengkap dengan buku – buku terbaru yang berguna sebagai sumber informasi dan belajar masih sangat diperlukan oleh semua warga sekolah untuk proses pembelajaran. Selain itu pemanfaatan media pembelajaran lainnya, yang sekarang ini tengah digalakkan yakni berbagai macam media pembelajaran yang sangat sesuai dengan kondisi serta situasi saat ini.

Media pembelajaran / alat peraga di jaman kemajuan sekarang ini menuntut para pendidik untuk menyesuaikan serta mengembangkan teknik – teknik penyampaian pelajaran supaya bisa efektif serta efisien. Usaha ini bisa ditunjang dengan memakai berbagai alat peraga, jadi usaha pencapaian tujuan pembelajaran diharapkan akan mendapat hasil yang sempurna. Dengan waktu yang lebih cepat kegiatan belajar mengajar akan lebih menyenangkan, sebab pada umumnya para peserta didik kurang senang serta cepat merasa bosan pada pelajaran.

Keuntungan bila anda mengajar memakai alat peraga / media pembelajaran :
  • Mempermudah dalam memberikan serta menerima pelajaran / informasi sehingga bisa menghindari salah pengertian.
  • Bisa menyampaikan pengertian / informasi secara kongkrit.
  • Pengertian yang didapat melalui alat peraga bisa lebih lama diingat.
Itu tadi ulasan singkat mengenai Penelitian Media Pembelajaran yang bisa menambah wawasan anda sehingga dapat diterapkan dalam Penelitian pendidikan. Semoga berguna.