Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/26/2013

Pengolahan Data Penelitian

Pengolahan data penelitian dilakukan untuk menjadikan data tersebut lebih mudah dipahami. Pengolahan diartikan sebagai mengerjakan, mengusahakan dan berupaya menjadikan supaya suatu barang lebih terlihat berbeda dari yang lainnya dan membuatnya lebih sempurna. Arti kata dari pengolahan bisa disebut sebagai cara, proses ataupun perbuatan mengolah. Sedangkan data diartikan sebagai suatu keterangan  yang disajikan dalam bentuk nyata dan benar, dapat disebut juga sebagai suatu keterangan atau bahan yang dijadikan untuk dasar kajian.

Pengertian dari data itu sendiri ialah fakta empiric yang telah dikumpulkan sebagai bahan pemecah masalah tau menjawab berbagai pertanyaan, biasanya sang peneliti menggunakan data tersebut untuk memberikan informasi yang lebih akurat dan dapat dilihat dari mana sumber itu berasal. Data penelitian dapat diperoleh dari beberapa sumber tepercaya lalu dikumpulkan menggunakan berbagai. Kegiatan penelitian yang menggunakan data yang rancu, akan menimbulkan berbagai masalah, oleh karena itu diperlukan data yang seakurat mungkin agar proses penelitian menjadi lebih tepercaya kebenarannya.

Dalam pengolahan data penelitian harus dilakukan beberapa tahap, yang pertama adalah periapan penelitian. Dalam langkah ini yang dibutuhkan adalah menyusun instrument penelitian yang didasarkan pada indicator yang dirujuk, serta dimensi penelitian. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas teoritis instrument penelitian dan validitas berdasarkan pertimbangan oleh para ahli. Lalu ada uji reliabilitas empiric instrument dan validitas penelitian dari hasil uji coba. Menentukan ukuran sampel menggunakan rumus slovin atau tabel kretjie.

Langkah awal dalam pengolahan data adalah untuk setiap jawaban dari responden, ubahlah data bentuk kualitatif hasil angket menjadi kuantitatif. Selanjutnya hitunglah skor keseluruhan pada setiap variabel penelitian. Mengubah skor keseluruhan tersebut dalam bentuk nilai. Dalam penghitungan statistic deskriptif, pada setiap variabel harus dihitung besaran statistic, mulai dari rata-rata hingga standar deviasi. Variabel penelitian bisa menggunakan tabel ataupun diagram berbentuk histogram, batang dan lingkaran. Bisa juga menggunakan detenred Q-Q plot agar kita dapat mengetahui bentuk distribusi data.


Pengolahan data penelitian juga diperlukan pengujian hipotesis, dengan cara mengubah suatu hipotesis penelitian hingga menjadi hipotesis statistic, menentukan sebuah rumus statistic yang akan digunakan dan menentukan criteria dalam penerimaan atau penolakan.