Seputarpendidikan003.blogspot.com

10/23/2013

Mengenal Tahapan Pendidikan yang ada di Indonesia

Ada beberapa tahapan pendidikan yang harus ditempuh sebelum kita melangkah jauh ke perguruan tinggi. Pada dasarnya, yang namanya pendidikan adalah pembekalan ilmu pengetahuan serta kemampuan bermasyarakat yang nantinya akan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan Tahapan Pendidikan sendiri dibagi dalam beberapa tahapan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, tingkat perkembangan dan usia peserta didik.

Beberapa Tahapan pendidikan yang ada  di Indonesia :

1. Pendidikan pada usia dini
Pendidikan pada usia dini bertujuan untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan seorang anak dalam mempersiapkan diri menerima pendidikan yang lebih lanjut, baik itu secara jasmani maupun rohani. Pendidikan pada usia dini lebih dikenal sebagai PAUD, dengan peserta dimulai dari 0 (nol) tahun dan maksimal adalah 6 (enam) tahun. Hal ini tertuang dalam Undang-undang yang diatur pemerintah Nomor 20 (dua puluh ) pada tahun 2013, dan pasal yang berhubungan dengan hal tersebut adalah Pasal 1 (Pertama ) dengan Butir 14 (Empat belas) dimana pembahasannya mengenai Sistem Pendidikan Nasional.

2. Pendidikan  wajib 9 ( Sembilan ) tahun
Pendidikan wajib 9 (Sembilan) tahun merupakan program wajib dari pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Banyak dari masyarakat Indonesia yang tidak memiliki pendidikan yang mencukupi, sehingga hal ini akan berdampak pada masa depan calon penerus bangsa. Oleh karenanya, pendidikan wajib selama sembilan tahun disebut sebagai pendidikan paling dasar, yang mana dibagi menjadi  Sekolah Dasar 6 ( Enam ) tahun dan Sekolah Menengah Pertama selama 3 (Tiga ) tahun.

3. Pendidikan Sekolah Menengah
Pendidikan Sekolah Menengah merupakan program pendidikan lanjutan dari jenjang Pendidikan dasar. Dalam pendidikan ini, para  peserta didik mulai diberikan pendidikan yang lebih spesifik berdasarkan kemampuan, minat dan bakat yang mereka miliki. Jika peserta didik memilih melanjutkan pendidikan di tingkat SMK, peserta didik akan memiliki keahlian yang lebih khusus sehingga akan mempermudah peserta didik untuk menemukan lapangan pekerjaan jika mereka enggan atau tidak mampu melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.



4. Pendidikan Perguruan Tinggi
Pendidikan perguruan tinggi merupakan pendidikan lanjutan yang berbasis akademik ataupun profesional guna menunjang karir yang ingin dicapai.