Seputarpendidikan003.blogspot.com

11/05/2013

Informasi Sertifikasi Guru

Informasi sertifikasi guru saat ini dapat langsung diakses melalui online di website resmi yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan. Pengertian dari sertifikasi guru ialah proses untuk memberikan sertifikat kepada pendidik yakni guru yang sudah dapat memenuhi kriteria yang diinginkan. Sertifikasi guru memiliki beberapa tujuan yaitu untuk menentukan kelayakan seorang guru ketika sedang menjalankan tugasnya sebagai seseorang pendidik profesional. Tujuan selanjutnya untuk meningkatkan proses dalam pengajaran dan memberikan evaluasi hasil belajar dengan ketentuan yang dapat dipertanggungjawabkan. Kemudian untuk meningkatkan kesejahteraan para guru dan meningkatkan suatu martabat kepada guru dengan cara mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Saat ini menjadi guru sangat penting peranan dan tanggung jawab yang diterapkan, karena pendidikan yang semakin maju ditambah lagi dengan berbagai kebudayaan yang semakin banyak menjadikan guru sebagai pengarah dan pembimbing agar moral tetap dapat terjaga.
Informasi sertifikasi guru sesuai dengan keputusan yang diberikan oleh menteri pendidikan nasional, dengan nomor surat 075/P/2011, mengatakan bahwa penyelenggaraan sertifikasi untuk guru didalam jabatan wilayah atau rayon nomor 110 menetapkan kampus universitas pendidikan Indonesia yang berada di bandung sebagai LPTK induk atau tempat LPTK mitra, dengan mencangkup beberapa kampus, diantaranya universitas swadaya gunung jati yang terletak di daerah Cirebon, kemudian ada universitas kuningan, selanjutnya STKIP Siliwangi yang ada di Bandung, dan terakhir Universitas Langlang Buana.
Dari beberapa kampus tersebut, diadakan bentuk pelatihan untuk sertifikasi guru dengan pengajar yang diambil langsung dari para senior atau rektor tertinggi. Hal ini sangat diprioritaskan oleh pemerintah, sebab pengajaran harus setara dengan internasional, namun pada kenyataannya masih ada yang tidak mengikuti sertifikasi dan sudah dapat mengajar dikelas. Contohnya, masih ada guru sekolah dasar yang menggunakan guru lama sebagai pengajar. Hasilnya, pelajaran yang seharusnya lebih dikembangkan lagi, menjadi lebih buruk dan tidak seperti yang diharapkan. Alhasil para siswa pun juga masih tidak dapat memaksimalkan pelajaran dengan baik.
Informasi sertifikasi guru untuk tahun 2013 sudah mulai diumumkan melalui website resmi. Dengan memaknai tujuan serta dasar-dasar dari sertifikasi, diharapkan dapat memajukan pendidikan yang ada di negara ini dengan semaksimal mungkin dan dapat bersaing di internasional.