Seputarpendidikan003.blogspot.com

11/22/2013

Pengertian Silabus

Pada dasarnya pengertian silabus adalah produk utama dari pengembangan sebuah kurikulum yang mana sebagai rencana tertulis dalam satuan pendidikan yang wajib mempunyai keterkaitan dengan suatu produk pengembangan kurikulum lainnya dalam sebuah proses pembelajaran.

Jadi silabus bisa dikatakan sebagai kurikulum yang ideal sementara proses pembelajaran adalah kurikulum yang aktual. Selain itu silabus juga merupakan produk atau hasil pengembangan desain pembelajaran layaknya pola dasar kegiatan belajar mengajar dan juga garis besar program pembelajaran. Di samping itu dalam silabus juga memuat adanya komponen minimal atas kurikulum satuan pendidikan.

Sementara untuk mengadakan kajian terhadap kurikulum yang hendak diterapkan dalam satuan pendidikan, maka dapat dilakukan dengan melalui penelaahan silabus yang sudah dikembangkan dan juga diberlakukan. Sehingga dari pengkajian silabus tersebutlah dapat memberikan banyak informasi dan itu bisa dilihat apakah kurikulum telah diterapkan dengan benar. Melalui silabus juga bisa ditelaah standar kompetensi maupun kompetensi yang hendak dicapai, proses yang dikehendaki, pengembangan materi serta cara mengukur keberhasilan dalam belajar.

Dengan melihat pengertian silabus tersebut, maka dari situ juga akan terlihat apakah keterkaitan antar komponen bisa berjalan harmonis apa tidak. Sebab kita tahu bahwa betapa pentingnya kedudukan silabus di dalam telaah kurikulum pendidikan. Di samping itu silabus juga merupakan tahapan di dalam mengembangkan kurikulum satuan pendidikan, terutama untuk bisa menjawab apa yang perlu dipelajari serta menjadi penjabaran lebih lanjut mengenai pokok program di dalam mata pelajaran yang diterapkan pada strategi dan kegiatan pembelajaran, pengalokasian waktu dan juga strategi penilaian. Sebenarnya silabus sendiri adalah program yang sifatnya makro serta perlu dijabarkan dalam suatu program pembelajaran yang lebih spesifik seperti rencana pelaksanaan pembelajaran.

Silabus adalah sebuah program yang dilaksanakan dalam jangka waktu yang lama dan menjadi acuan di dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran yang merupakan untuk waktu yang lebih singkat. Selain itu silabus juga merupakan rencana pembelajaran dalam kelompok mata pelajaran yang di dalamnya mencakup materi pembelajaran, kompetensi dasar, indikator, alokasi waktu, penilaian dan sumber atau alat belajar. Jadi demikianlah penjelasan mengenai pengertian silabus.