Seputarpendidikan003.blogspot.com

1/24/2014

Kelebihan Model Pembelajaran Kooperatif

Saat ini dengan semakin berkembangnya dunia teknologi serta pengaruh globalisasi telah membawa banyak perubahan yang terjadi di dunia. Dan perubahan ini lambat laun mulai memberikan dampak bagi setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia tak terkecuali untuk masalah pembelajaran. Banyak orang yang saat ini sedang gemar membicarakan tentang model pembelajaran yang baik untuk diterapkan pada peserta didik. Salah satu di antaranya yang paling efektif untuk diterapkan adalah metode pembelajaran kooperatif. Apakah yang dimaksud dengan metode pembelajaran kooperatif ini dan apa sajakah kelebihannya jika kita bandingkan dengan metode yang lain? Anda akan menemukan semua jawabannya pada ulasan berikut ini. Baca dengan cermat.

Model Pembelajaran Kooperatif merupakan jenis pembelajaran yang memiliki ciri khusus yakni menekankan pada kemampuan untuk bekerjasama yang dimiliki oleh para peserta didik. Dengan kata lain dalam pelaksanaan pembelajaran ini maka para peserta didik akan diarahkan untuk melakukan banyak kegiatan pembelajaran yang memaksa mereka untuk melakukan kerja sama dengan peserta didik yang lainnya. Nah dengan hal ini jelas sekali bahwa model pembelajaran ini sangat baik untuk diterapkan di negara kita yang notabene menjunjung tinggi kebersamaan dan nilai gotong-royong. Dengan pembelajaran kooperatif ini maka para peserta didik akan terbiasa untuk bekerja sama dengan orang lain.

Yang selanjutnya pada pembelajaran seperti ini seorang tenaga pendidik tetaplah memiliki peranan yang tak kalah penting yakni sebagai fasilitator yang mengondisikan bagaimana peserta didiknya dalam proses pembelajaran dan seorang tenaga pendidik haruslah bisa menyesuaikan dan berpikir kreatif untuk dapat memberikan tugas-tugas kepada peserta didik untuk melakukan kerja sama dengan para peserta didik yang lainnya.

Kelebihan lain dari metode pembelajaran seperti ini adalah setiap peserta didik dengan berbagai latar belakang, mulai dari yang memiliki prestasi yang gemilang hingga yang rendah, mulai dari yang berbeda agama, suku maupun yang lainnya menjadi satu dalam kelompok pembelajaran sehingga mereka akan bekerja bersama-sama dan dampak positifnya interaksi antar peserta didik pun dapat dioptimalkan.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda tentang model pembelajaran kooperatif ini. Semoga ulasan di atas memberikan banyak manfaat untuk anda dan perkembangan pembelajaran pada umumnya.