Seputarpendidikan003.blogspot.com

1/29/2014

Mengenal Pembelajaran Tematik Terpadu

Pendidikan merupakan sebuah hal penting yang diprioritaskan oleh setiap orang tua di dunia ini kepada para buah hatinya. Hal ini terkait dengan pendidikan yang nantinya diharapkan jika mampu tercukupi dengan baik maka seorang anak akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Karenanya banyak upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan pendidikan yang baik bagi seorang peserta didik. Salah satunya adalah dengan melakukan perbaikan-perbaikan pada setiap elemen pendidikan. Salah satunya adalah pada pembelajaran yang berlangsung. Dan kali ini yang akan kita bahas di sini adalah tentang salah satu pembelajaran yang dirasa efektif untuk digunakan pada peserta didik. Yaitu sebuah pembelajaran yang disebut dengan pembelajaran tematik terpadu. Apakah pembelajaran tematik terpadu itu? Dan apakah yang membedakannya dari pembelajaran-pembelajaran lain yang telah ada selama ini? Untuk mendapatkan informasi secara lengkap tentangnya maka anda harus membaca ulasan berikut ini dengan seksama.

Pembelajaran tematik ini merupakan sebuah pembelajaran yang sangat baik untuk diterapkan pada seorang peserta didik di bangku sekolah dasar. Pembelajaran seperti ini dulunya memang diperuntukkan bagi mereka yang memiliki bakat atau talenta khusus saja untuk mengembangkannya. Namun dewasa ini seiring dengan perkembangan pengetahuan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu maka pembelajaran seperti ini dinilai efektif dan mampu menjawab permasalahan pengembangan pembelajaran. Mengapa? Ini karena pembelajaran tematik terpadu ini bukan hanya ditekankan pada pendidikan akademis yang diterima oleh peserta didik tetapi juga mengefektifkan pendekatan emosional dan fisik peserta didik yang dengannya sangat diharapkan akan menciptakan pembelajaran yang efisien.

Kelebihan yang lain yang dimiliki oleh pembelajaran seperti ini adalah seorang peserta didik akan dapat lebih mudah memahami setiap pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya karena pada pembelajaran ini seorang tenaga pendidik diharuskan untuk memahami tentang materi yang akan ia ajarkan kepada para peserta didiknya sekaligus harus memahami pula bagaimana cara menyampaikannya kepada peserta didik yang harus disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang terjadi saat pembelajaran sedang berlangsung.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sajikan tentang pembelajaran tematik terpadu ini yang dengannya akan sangat baik untuk menunjang setiap potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Sekian, semoga bermanfaat.