Seputarpendidikan003.blogspot.com

1/28/2014

Mengupas Tujuan Pembelajaran

Pendidikan merupakan salah satu hal utama yang harus dipenuhi oleh setiap orang tua kepada anak-anak mereka. Ini karena dengan adanya pendidikan yang baik maka seorang individu akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pula. Saat ini telah banyak sekali pendidikan yang dapat diberikan oleh setiap orang tua kepada anaknya baik yang merupakan pendidikan informal maupun yang formal.

Di dalam sebuah pendidikan mungkin kita akan kerap menjumpai sebuah istilah yang dinamakan pembelajaran. Apa sebenarnya arti pembelajaran? Dan apakah pula tujuan yang melatar membelakanginya? untuk mendapatkan banyak informasi tentang hal tersebut maka anda diwajibkan untuk membaca beberapa ulasan berikut ini dengan seksama.

Pembelajaran merupakan sebuah proses belajar mengajar yang didalamnya terdapat unsur-unsur yang saling bergantung satu sama lain seperti peserta didik, tenaga pendidik dan bahan pembelajaran. Semua unsur tersebut tidak dapat berdiri sendiri dalam sebuah pembelajaran atau artinya jika salah satu dari ketiga unsur tersebut tidak ada maka proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan maksimal atau bisa jadi tidak akan berjalan sama sekali.

Ketika berbicara tentang pembelajaran, tentu kita akan bertanya tentang apa sih tujuan utama dari pembelajaran tersebut?

  1. Tujuan pembelajaran yang pertama adalah menyiapkan individu untuk mencapai sebuah kemampuan tertentu. Dalam hal ini berkaitan dengan kemampuan-kemampuan dasar yang dimiliki oleh seorang individu seperti halnya menulis, membaca dan lain sebagainya.
  2. Yang kedua adalah pembelajaran ini sangat penting untuk menurunkan nilai dan norma dari tenaga pendidik kepada peserta didiknya. Jadi dengan hal ini sangat ditekankan kepada para tenaga pendidik untuk dapat menjadi teladan yang baik bagi para peserta didiknya karena dalam lingkungan pembelajaran tenaga pendidik merupakan tokoh panutan bagi peserta didiknya.
  3. Pembelajaran ini juga penting untuk mengajarkan kepada anak tentang pentingnya sosial. Dalam hal ini seorang individu akan tumbuh sebuah perasaan bahwa dirinya merupakan seorang makhluk sosial yang saling membutuhkan melalui proses pembelajaran yang menekankan komunikasi antara tenaga pendidik dengan peserta didik maupun antara peserta didik dengan peserta didik.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya berikan tentang tujuan pembelajaran, semoga sedikit ulasan di atas dapat memberikan banyak manfaat bagi anda.