Seputarpendidikan003.blogspot.com

1/26/2014

Pembelajaran Matematika yang Efektif

Banyak orang tua mungkin akan mengeluh dan bahkan ada yang marah-marah ketika nilai matematika yang dimiliki oleh anaknya jelek. Ya dari segi pemahaman mata pelajaran matematika memang relatif lebih sulit jika dibandingkan dengan mata pelajaran yang lainnya. Banyak anak yang merasa kesulitan saat sedang mengerjakan soal-soal matematika. mengapa? Karena kebanyakan dari mereka kurang dapat memahami kalimat matematika yang biasanya abstrak. Sebagai salah satu ilmu pasti tentu menuntut seseorang untuk banyak menghafal rumus semisal perkalian atau pun pembagian. Nah dengan hal tersebut tanpa adanya metode pembelajaran yang tepat , jelas seorang peserta didik akan mengalami kesulitan dalam memahami matematika. Berikut di bawah ini merupakan metode yang dapat dilakukan oleh seorang tenaga pendidik saat mengajarkan matematika kepada para peserta didiknya.


  1. Metode yang pertama yang dapat dilakukan tentu saja dengan metode penyampaian secara langsung. Hal ini berkaitan dengan rumus-rumus dasar yang harus dikuasai oleh para peserta didik seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. 
  2. Yang selanjutnya seorang tenaga pendidik haruslah kreatif dalam memberikan contoh-contoh kegunaan matematika dalam kehidupan nyata agar peserta didik dapat melogikakan rumus matematika tersebut. Sebagai contoh saat menghitung rumus balok maka seorang tenaga pendidik dapat mengajak anak tersebut untuk mengukur dan mengamati benda-benda yang berbentuk balok semisal penghapus dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kehidupannya sehingga dia dapat lebih mudah mengingatnya.
  3. Belajar kelompok. Sesungguhnya belajar kelompok dalam pembelajaran matematika merupakan hal yang sangat baik. Mengapa? Karena dengan pembelajaran kelompok tersebut seorang peserta didik akan berusaha untuk memecahkan permasalahan matematika tersebut bersama anggota kelompoknya yang lain sehingga selain akan lebih menekankan pada kemampuan komunikasi juga akan memudahkan anak untuk memahami pelajaran karena dikerjakan bersama-sama.
  4. Lalu hal yang harus dilakukan oleh seorang tenaga pendidik yang selanjutnya adalah dengan memberi motivasi kepada peserta didiknya. Sering kali para peserta didik tersebut merasa minder jika mereka dihadapkan pada matematika dan perasan minder inilah jika dibiarkan akan membuat seorang anak mengalami kesulitan belajar matematika.

Dan demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya kupas tentang pembelajaran matematika yang efektif untuk dilakukan, semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaat bagi anda.