Seputarpendidikan003.blogspot.com

1/25/2014

Pendekatan Pembelajaran Kontekstual

Dalam mencapai sebuah pembelajaran yang baik dan ideal untuk menunjang terwujudnya sumber daya manusia yang potensial maka diperlukan banyak upaya untuk mengembangkan dan mengevaluasi setiap pembelajaran. Elemen-elemen yang berperan penting dalam pembelajaran layaknya seorang tenaga pendidik haruslah mengupayakan semaksimal mungkin dan melakukan inovasi-inovasi untuk menyampaikan materi pelajaran kepada para peserta didiknya. Salah satunya adalah dengan menguasai pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk mereka terapkan pada peserta didiknya ketika mereka sedang mengajar. Dan salah satu dari sekian banyak pendekatan pembelajaran adalah pendekatan pembelajaran kontekstual. Apakah pendekatan pembelajaran ini? Dan bagaimanakah keunggulannya jika kita membandingkannya dengan pendekatan pembelajaran yang lain? Untuk mendapatkan banyak informasi penting tentangnya maka anda harus membaca ulasan berikut ini dengan cermat.

Salah satu ciri utama dari pendekatan pembelajaran ini adalah seorang peserta didik bukan hanya diarahkan untuk mempelajari materi pelajaran tertentu saja tetapi juga diarahkan untuk mengalami sendiri secara alamiah apa yang ada dalam materi pembelajaran.

Tidak seperti pada pendekatan pembelajaran yang lainnya yang terkadang lebih mengutamakan kepada seorang peserta didik mencapai hasil yang maksimal. Maka pada pendekatan pembelajaran yang satu ini memiliki keunikan, yakni tidak lagi menekankan pada hasil akhir yang dicapai oleh para peserta didik melainkan proses-proses pembelajaran yang dialami oleh peserta didik. Yang dengannya akan lebih efektif untuk membekali dan menyiapkan peserta didik untuk menjalani kehidupan yang sebenarnya.

Dengan mengalami sendiri apa yang ada di dalam sebuah materi pelajaran maka para peserta didik akan lebih memahami tentang bagaimana mereka harus menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapinya. Bukan hanya mempelajari secara teoritis seperti membaca, mengingat dan memahami saja tetapi pengalaman menyelesaikan sebuah permasalahan secara alamiah itulah yang akan menjadikan sebuah pembelajaran yang efisien. Karena di sini secara tidak langsung peserta didik akan mengonsep sendiri bagaimana ia harus menyelesaikan sebuah permasalahan. Sehingga penggunaan pendekatan pembelajaran seperti ini memang benar-benar layak jika kita gunakan pada peserta didik.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan tentang pendekatan pembelajaran kontekstual yang dengannya sangat baik karena pembelajaran bukan lagi ditekankan pada hasil pembelajaran melainkan pada proses seorang peserta didik ketika mereka mengalami pembelajaran itu sendiri. Sekian, semoga bermanfaat.