Seputarpendidikan003.blogspot.com

2/10/2014

Belajar dan Pembelajaran

Belajar dan Pembelajaran - Pada Kehidupan sehari-hari mungkin kita akan sering kali mendengar dua istilah yakni belajar dan pembelajaran. Ya ini karena dua hal tersebut sangat penting untuk dipahami oleh seseorang agar mampu mendapatkan kehidupan yang lebih baik di kedepanya. Tapi selama ini mungkin anda hanya mengenalnya tanpa mengetahui apa sih sebenarnya belajar dan pembelajaran itu? Karenanya maka pada ulasan berikut ini saya akan menjabarkan kepada anda lebih jelas tentang belajar dan pembelajaran yang sangat penting untuk anda simak dengan seksama agar anda mendapatkan banyak informasi penting tentangnya.

Yang pertama kali akan kita bahas di sini adalah tentang belajar. Kegiatan belajar merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang individu baik dengan melihat, mendengar maupun menggunakan indera yang lain untuk mendapatkan dan memahami sesuatu. Dalam menjalani kehidupannya seseorang wajib melakukan kegiatan belajar agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan kehidupannya terutama dalam menghadapi jaman yang terus berkembang.

Yang kedua adalah tentang pembelajaran. Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang berhubungan dengan belajar mengajar yang dengannya terdapat elemen-elemen yang saling mendukung dan saling melengkapi satu sama lain. Dan elemen tersebut akan saya jelaskan lebih perinci di bawah ini.
  1. Peserta didik. Dalam sebuah pembelajaran terdapat peserta didik yaitu orang yang bertujuan untuk belajar dalam kegiatan pembelajaran.
  2. Selanjutnya ada tenaga pendidik  yakni orang yang berkewajiban untuk melakukan penyampaian materi pembelajaran kepada para peserta didik yang dimilikinya.
  3. Bahan ajar. Dalam  sebuah kegiatan pembelajaran salah satu hal utama yang harus terpenuhi adalah adanya materi pelajaran. Karena tanpa adanya materi pelajaran ini sebuah kegiatan pembelajaran tidak dapat berlangsung.
  4. Yang selanjutnya adalah adanya media pembelajaran. Media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung terciptanya sebuah kegiatan pembelajaran yang efektif di sebuah lingkungan. Karena dengan media pembelajaran yang baik dan mumpuni maka seorang tenaga pendidik akan dapat lebih mudah dalam menyampaikan pelajaran yang ingin disampaikannya kepada para peserta didik. Serta para peserta didik pun juga akan lebih mudah memahami pelajaran yang mereka terima.
Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai belajar dan pembelajaran yang dengannya semoga dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca sekalian.