Seputarpendidikan003.blogspot.com

2/17/2014

Contoh Media Pembelajaran

Untuk mewujudkan terciptanya sebuah pembelajaran yang baik maka diperlukan peran dari semua pihak yang terkait dalam lingkungan pembelajaran baik dari para peserta didik maupun para  tenaga pendidik. Para peserta didik harus aktif dan antusias dalam menerima materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik sedangkan tenaga pendidik harus aktif dalam menyampaikan materi pelajaran yang menyenangkan menggunakan metode yang menyenangkan dan memaksimalkan media pembelajaran yang ada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Nah membicarakan tentang media pembelajaran ini, seorang tenaga pendidik saat ini dapat menggunakan banyak hal sebagai media pembelajaran yang menarik bagi para peserta didiknya. Media pembelajaran tersebut sangat banyak terutama hal-hal yang menyangkut perkembangan teknologi yang semakin baik seperti era modern sekarang. Kali ini pada ulasan berikut saya akan memberikan beberapa informasi menarik kepada anda tentang contoh media pembelajaran yang dapat digunakan oleh seorang tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didik sebagai berikut:


  1. Lingkungan alam. Para tenaga pendidik dapat memanfaatkan lingkungan alam tempat terjadinya pembelajaran sebagai salah satu media yang sangat efektif bagi para peserta didik. Dengan menggunakan lingkungan alam ini sebagai media pembelajaran maka selain dapat belajar maka para peserta didik juga dapat berinteraksi dengan alam sekitarnya atau dengan kata lain disebut belajar dengan alam.
  2. Televisi. Televisi merupakan sebuah perangkat teknologi yang digemari oleh masyarakat dalam berbagai macam usia. Televisi ini juga dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menyenangkan bagi para peserta didik. Banyak informasi menarik yang terdapat di televisi setiap harinya yang dapat menjadi sumber pembelajaran. Di sini seorang tenaga pendidik dapat memberikan tugas kepada para peserta didik untuk menyimak acara televisi yang sesuai dengan materi pembelajaran yang di ajarkan. 
  3. Internet merupakan sebuah media pembelajaran terbaru yang sangat digemari. Di internet bertebaran berbagai macam informasi menarik yang sangat beragam . Yang dengannya jika seorang tenaga pendidik mampu memanfaatkannya dengan maksimal maka akan sangat mudah dalam mewujudkan sebuah pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi para peserta didiknya.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda terkait dengan media pembelajaran yang baik. Semoga dengannya beberapa ulasan di atas memberi banyak manfaat bagi anda.