Seputarpendidikan003.blogspot.com

2/06/2014

Definisi Pembelajaran

Kata “ Belajar “ memang menjadi kata yang sangat fenomenal. Bagaimana tidak , banyak orang yang sering menyebutnya, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa dan bahkan orang yang sudah tua sekali pun. Namun, tidak jarang lo, orang yang masih belum memahami betul apa arti dari kata belajar itu sendiri. meski mereka telah memahami maknanya, namun untuk definisinya sendiri masih belum bisa untuk dirangkaikan.
Definisi Pembelajaran diambil dari kata “ Belajar “ yang berarti Proses.  Dalam artian luas, belajar dapat diartikan dengan suatu kegiatan ataupun tindakan yang mengalami sebuah proses dan dilakukan secara berulang- ulang sehingga memunculkan sebuah perubahan kearah kemajuan. Dari segi inilah, segala bentuk kegiatan untuk memahami sesuatu dinamakan belajar. Belajar tidak harus dilakukan oleh orang yang dengan status masih bersekolah saja, namun juga pada semua orang yang masih menghembuskan nafas. Peruu hadist Rasulullah berikut ini :

  اُطْلُبُوْاالْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلَى اللَّحْدِ
yang artinya “ tututlah ilmu mulai dari buaian ( gendongan ) hingga ke liang lahat.

Dari itulah banyak sekali kegiatan kita sehari- hari yang mencerminkan proses belajar. contoh kecil ialah pada anak balita yang sedang mencoba berteriak – teriak  sehingga ia bisa berbicara dengan jelas, itu juga dapat dikatakan belajar. Belajar tidak harus dengan menggunakan buku, namun juga dapat menggunakan media lainnya dan juga dengan berinteraksi terhadap orang lain. Dalam proses ini yang menjadi kunci utama yaitu keaktifan dan pengalaman. Siapa yang mau lebih aktif untuk berproses demi mendapatkan suatu ilmu, maka dialah yang akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak pula. Kemudian belajar juga dapat dikaitkan dengan pengalaman. Dimana seseorang yang telah mengalami suatu kejadian yang membuatnya terpuruk maupun gagal, maka ia pasti tidak akan mengulanginya lagi dan selalu  berinovasi dengan melakukan tak – tik yang baru, agar tidak ada kejadian serupa yang terulang lagi. Dari situlah belajar dapat dilakukan melalui pengalaman. Tingkatkan terus semangat untuk belajar anda, semoga berhasil.