Seputarpendidikan003.blogspot.com

2/01/2014

Kompetensi Guru

Kompetensi guru menjadi pertimbangan yang paling diutamakan untuk menjadikan sekolah lebih berkualitas. Guru diajarkan untuk lebih memahami kondisi siswa yang saat ini lebih banyak mengalami masalah dalam kehidupannya, seperti broken home. Guru sangat penting perannya di dalam kelas, dan merupakan unsur terpenting yang wajib ada di dalam sekolah sesudah murid. Jika guru hanya bertugas sebagai pengajar di depan kelas, maka pengajarannya tidak akan bisa berkembang dan murid cepat merasa bosan karena materi yang diajarkan tidak diberikan sedikit stimulasi untuk menghidupkan suasana.

Apabila guru tidak memiliki kemampuan tinggi dengan sikap profesionalnya sebagai guru, maka murid sangat sulit untuk dididik dan tidak tumbuh dalam keadaan yang sesuai dengan kurikulum yang diberikan. Guru menjadi salah satu tumpuan paling besar dalam pendidikan, dengan diberlakukannya profesional guru, maka akan menjadikan anak bangsa menjadi siswa yang berbudi pekerti baik dan memiliki kemampuan lebih tinggi serta berkualitas. Tugas guru bukan hanya tentang pengajaran materi, namun juga memiliki kompetensi untuk membangun kreativitas yang dimiliki dalam diri siswa, sehingga dapat meningkatkan kemampuan serta kreasi dalam membuat karya yang lebih inovasi.

Kompetensi guru dalam mendidik siswa ada beberapa standarisasi yang harus dimiliki dalam setiap kompetensinya. Pertama, guru harus memiliki kompetensi pedagogik. Dalam kompetensi ini sangat berpengaruh sekali terhadap kemampuan guru untuk dapat memahami kemampuan serta karakteristik dalam diri para murid dengan menggunakan berbagai media. Cara yang dapat diterapkan yakni dengan memahami siswa melalui bagaimana tingkat perkembangan kognitif siswa, selain itu merancang cara pembelajaran agar bersifat aktif dan selalu memberikan hasil dari kegiatan belajar selama kegiatan mengajar berlangsung. Kompetensi selanjutnya ialah kompetensi kepribadian yang melibatkan perorangan. Guru yang profesional sangat memberikan pengaruh besar untuk murid, karena jika sang guru memiliki sikap wibawa dan akhlak baik, maka murid secara otomatis akan mengikuti perilaku dan tindakan dari guru tersebut. Ketiga ada kompetensi profesional, dimana dalam kompetensi ini hanya penguasaan materi yang lebih luas untuk penyampaian dan pengajaran. Terakhir ada kompetensi sosial untuk hubungan antara murid dengan lingkungan.

Kompetensi guru dirasa perlu ditingkatkan agar pengajaran dapat berlangsung dengan baik dan sesuai dengan kurikulum, bukan hanya tentang materi pelajaran, namun juga dalam bersikap dan berperilaku.