Seputarpendidikan003.blogspot.com

2/03/2014

Makalah Media Pembelajaran

Secara harfiah media belajar merupakan perantara atau pengantar. Jika secara umum media pembelajaran merupakan suatu media yang digunakan dalam proses belajar melibatkan seorang guru dalam mengajar serta sebagai sarana belajar dan menyampaikan pesan dari sumber kepada penerima pesan belajar yaitu siswa. Menurut AECT media adalah segala sesuatu yang bisa digunakan seseorang sebagai sarana dalam menyampaikan pesan atau informasi. Media pembelajaran ini terdapat berbagai macam yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk membangkitkan semangat dan minat belajar siswa sehingga lebih serius dan semangat dalam belajar. tidak sedikit para pengajar yang mencari media pembelajaran efisien dan bisa membawa pengaruh positif pada anak didiknya.

Media pembelajaran memiliki manfaat yang sangat besar untuk memudahkan proses belajar mengajar suatu bidang study. Media pembelajaran ini digunakan dalam pembelajaran yang menyangkut alat bantu dalam mengajar. Sebagai penyaji serta penyalur atau informasi tentang suatu materi kepada pelajar. Pembelajaran ini lebih digambarkan sebagai usaha guru untuk membuat para anak didiknya supaya memahami apa yang disampaikan oleh guru tersebut. Kegiatan pembelajaran tidak akan berarti jika tidak menghasilkan kegiatan belajar pada para siswanya. Kegiatan belajar hanya akan berhasil jika seorang siswa bisa belajar secara aktif dibantu dengan media pembelajaran baik itu dalam bentuk visual cetak maupun lainnya. Jika program media pembelajaran bisa dikembangkan secara baik fungsi media ini bisa diperankan tanpa peranan seorang guru. Lingkungan belajar yang diatur oleh seorang guru mencakup tujuan pengajaran, bahan pengajaran, metodologi, serta penilaian pengajaran. Unsur – unsur tersebut dapat dikenal dengan komponen – komponen pengajaran pada suatu proses belajar mengajar.

Perkembangan tentang ilmu pengetahuan serta teknologi yang semakin maju dalam mendorong usaha pembaharuan dan memanfaatkan hasil dari teknologi yang berlangsung dalam proses pembelajaran. Semua guru pasti dituntut untuk mampu memfungsikan alat – alat tersebut sesuai dengan perkembangan tuntutan. Sehingga sesuai dengan kompetensi baru dimana seorang guru harus mampu memberikan media pembelajaran secara tepat dan mampu membuat anak didiknya semakin baik dan berprestasi lebih baik dari sebelumnya. Maka dari itu media pembelajaran yang sesuai akan membawa pengaruh positif terhadap seorang pelajar.