Seputarpendidikan003.blogspot.com

2/16/2014

Pengertian Dari Pembelajaran

Pada artikel kali ini saya akan membeberkan kepada anda tentang informasi unik dan menarik tentang pembelajaran. Saya sangat yakin, anda sudah tidak asing lagi dengan istilah pembelajaran bukan? Ya kata ini memang kerap kali dikaitkan dengan pendidikan. Namun sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai apa itu pembelajaran maka sebaiknya di sini saya akan memberitahukan terlebih dahulu kepada anda tentang apa itu belajar? Nah untuk mendapatkan informasinya secara lengkap maka silakan anda menemukan sendiri pada ulasan di bawah ini. Selamat membaca.

Belajar merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh semua orang di dunia ini. Belajar merupakan sebuah kegiatan mengamati, mendengarkan menyimak atau suatu kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah informasi tentang suatu hal. Belajar ini sangat penting untuk dilakukan oleh setiap individu guna menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Belajar pun sebenarnya sudah dilakukan oleh setiap orang dari saat mereka masih kecil hingga dewasa, sepanjang hidupnya.

Yang kedua yang akan kita bahas adalah tentang pembelajaran. Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang di dalamnya mencakup kegiatan belajar mengajar atau dapat kita jabarkan bahwa kegiatan pembelajaran ini merupakan sebuah kegiatan di mana seorang tenaga pendidik menyampaikan materi pelajaran atau informasi penting kepada para peserta didiknya menggunakan berbagai hal termasuk bahan pelajaran dan media pembelajaran.

Dalam sebuah pembelajaran terdapat elemen-elemen utama yang saling berkaitan yang semuanya saling mempengaruhi. Elemen-elemen tersebut di antaranya adalah adanya seorang tenaga pendidik, peserta didik, bahan atau materi pembelajaran serta yang menunjang pembelajaran seperti adanya media pembelajaran yang memadai.

Dalam sebuah pembelajaran yang baik seorang tenaga pendidik memiliki peranan yang central dalam terwujudnya pembelajaran yang ideal dan efektif. Seorang tenaga pendidik harus dapat menguasai kondisi pada saat pembelajaran berlangsung. Bukan hanya sebagai pendidik saja melainkan juga sebagai penggerak agar para peserta didiknya dapat mengambil peran dalam proses pembelajaran tersebut. Dalam artian para peserta didik ini di arahkan untuk aktif selama kegiatan pembelajaran sehingga mereka dapat menerima materi pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidik dengan baik dan efektif.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda mengenai apa itu pembelajaran. Semoga beberapa hal di atas dapat memberikan manfaat bagi anda.