Seputarpendidikan003.blogspot.com

2/15/2014

Strategi Pembelajaran Matematika

Matematika merupakan suatu mata pelajaran yang dianggap para siswa sebagai pelajaran cukup susah. Mata pelajaran berhitung ini memang sedikit sulit karena terdapat banyak rumus dalam mengerjakan suatu persoalan. Setiap materi dalam Matematika memiliki rumus yang berbeda dengan tingkatan kesulitan juga berbeda. Beberapa materi ada yang lebih mudah dan banyak lebih sulit semua proses pembelajaran Matematika bertingkat dari mudah, sulit dan lebih sulit lagi. Untuk meminimalisir rasa kesulitan yang dirasakan oleh setiap sehingga dibutuhkan suatu strategi. Supaya proses pembelajaran Matematika lebih mudah harus menerapkan suatu strategi yang memudahkan antara guru dengan murid. Dengan strategi yang sesuai murid akan merasa lebih mudah dalam memahami setiap materi dari seorang guru. Sehingga rasa sulit dalam memahami pelajaran matematika akan diatasi secara baik.

Strategi pembelajaran matematika ini merupakan sebuah taktik yang diterapkan oleh pembimbing atau guru pada proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran bisa lebih efektif dan efisien. Strategi pembelajaran matematika harus menitik beratkan supaya bisa mempengaruhi anak didik untuk menghasilkan suatu prestasi terbaik. Terdapat tiga aspek yang bisa dilakukan dalam memenuhi strategi pembelajaran matematika. Aspek pertama adalah kemampuan khusus,, dimana seorang pengajar memiliki skill baik dalam menguasai materi yang akan disampaikan kepada murid. Kedua aspek wawasan dan kemampuan, wawasan seorang guru dalam menyampaikan materi menjadi hal penting yang bisa mempengaruhi cara berpikir seorang murid. Ketiga aspek kemampuan dalam berkomunikasi, pada aspek ini sangat ditekankan agar guru dan murid bisa berkomunikasi secara baik sehingga jika murid merasa kesulitan berani berkonsultasi kepada guru.

Seorang siswa yang mampu mempelajari matematika secara baik ketika dirinya mampu menerima materi dari guru secara keseluruhan. Dengan penguasaan yang mumpuni proses pembelajaran akan dirasa lebih mudah. Bisa dibayangkan ketika seseorang tidak menguasai suatu materi pasti akan merasa kesulitan dalam mengerjakan soal didalam pelajaran matematika. Dengan adanya strategi dan aspek – aspek yang di terapkan oleh pembimbing materi didalam pelajaran matematika bisa dikuasai oleh murid secara maksimal.