Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/24/2014

Cara pembuatan media pembelajaran paud

Media Pembelajaran PAUD - Pengertian media pembelajaran yaitu segala sesuatu yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim kepada penerima, yang bisa membuat perhatian dan minat serta perhatian para siswa yang akhirnya menjadi proses belajar. Manfaat dari media pembelajaran ini sangatlah banyak, seperti  pesan dari sebuah materi yang disampaikan oleh guru akan lebih jelas dan menarik karena tidak hanya sekedar dalam bentuk tulis ataupun dalam bentuk kata - kata saja, juga media pembelajaran memiliki manfaat untuk meningkatkan sikap aktif yang ada pada diri siswa untuk belajar juga bisa meningkatkan motivasi untuk belajar serta para siswa juga bisa belajar dengan caranya sendiri sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing siswa.

Dalam pembuatan media belajar ini juga memiliki beberapa prinsip. Seperti halnya kita membuat media pembelajaran paud. Kita harus membuat media pembelajaran yang multi guna dimana media tersebut bisa digunakan untuk merangsang perkembangan pada anak.  Bahan di dalam pembuatan media pembelajaran pada tingkat paud, tidaklah harus dengan biaya yang banyak. Karena kita juga bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar untuk membuat media pembelajaran. Misalnya membuat sebuah kapal dari bungkus susu bubuk, dengan itu kita bisa membuat anak-anak agar kreatif dan bisa hidup sederhana. Kita juga harus memperhatikan keselamatan anak dalam menggunakan media pembelajaran, misalnya kita tidak menggunakan  bahan - bahan yang berbahaya bagi anak - anak. Tidak hanya itu saja, dalam pembuatan media pembelajaran ini kita juga harus bisa meningkatkan kreativitas pada anak - anak saat menggunakan media pembelajaran. Seperti membuat permainan menyusun balok, yang bisa membuat anak - anak untuk berkreasi.

Pada saat ini sudah banyak bermunculan media pembelajaran yang sudah dibuat oleh beberapa perusahaan. Namun tidak ada ruginya jika para guru bisa berkreasi sendiri. Selain itu hal yang dibutuhkan untuk pembuatan media pembelajaran tidak hanya pemilihan sebuah media yang tepat saja, namun kemampuan dalam pembuatan media pembelajaran juga dibutuhkan. Dalam pembuatan media pembelajaran perlu diperhatikan langkah - langkah sebagai berikut :
1. Meneliti kebutuhan - kebutuhan para siswa dan juga bisa menilai karakteristik yang dimiliki tiap siswa.
2. Membuat rumusan tujuan yang instruksional.
3. Membuat urutan materi secara terperinci agar mendukung tujuan yang ingin dicapai.
4. Membuat dan mengembangkan alat ukur untuk melihat sejauh mana tingkat keberhasilannya.
5. Pembuatan desain pada media pembelajaran.
6. Membuat revisi dari apa yang sudah dilakukan.