Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/22/2014

Melihat lebih dalam fungsi dari perencanaan pembelajaran

Dengan perencanaan pembelajaran para pengajar atau guru akan banyak mempunyai manfaat, diantaranya adalah dengan adanya perencanaan yang sudah disiapkan sebelumnya pada program pembelajaran tentunya akan dapat mengetahui seberapakah keberhasilan yang akan dicapai, sebagai sarana untuk menyelesaikan masalah. Dengan membuat perencanaan yang baik, tentunya masalah yang timbul bisa diantisipasi dan kita juga sudah mempersiapkan jalan penyelesaiannya, dengan membuat perencanaan yang baik, maka seorang guru juga dapat menentukan sumber belajar yang tepat dan sesuai dengan bahan pelajaran yang akan diajarkan, situasi saat pembelajaran dimulai akan terarah dan guru dapat memanfaat waktu yang ada untuk menggapai tujuan dari pembelajaran tersebut.

Sedangkan fungsi perencanaan pembelajaran yaitu :

  1. Fungsi Inovatif : pemikiran yang inovatis akan muncul ketika kita sudah merencanakannya dengan baik, karena terdapat kesenjangan dan kelemahan di antara kenyataan dan harapan.
  2. Fungsi kreatif : melalui pembelajaran dengan menggunakan sebuah perencanaan yang sudah matan, kita juga dapat memberikan umpan balik yang bisa memberikan gambaran kelemahan yang kita miliki sehingga kita juga dapat memperbaikinya.
  3. Fungsi Selektif : dengan perencanaan yang matang, kita dapat menyeleksi rencana mana yang lebih efektif serta efisien.
  4. Fungsi komunikatif : dokumen yang dibuat dalam perencanaan pembelajaran harus dapat dipahami oleh tiap orang yang membacanya.
  5. Fungsi prediktif : Jika kita sudah membuat perencanaan yang baik maka kita bisa menggambarkan akibat apa yang didapat dari program yang sudah dibuat.
  6. Fungsi kontrol : dapat mengontrol keberhasilan tiap siswa di dalam pencapaian tujuan seorang pengajaran merupakan hal yang tidak bisa di hindarkan dalam proses belajar mengajar. Dengan perencanaan kita bisa juga tahu sejauh mana daya serap para siswa terhadap materi yang diberikan.
  7. Pencapaian sebuah tujuan : dalam hal ini mengajar bukan hanya penyampaian materi saja, namun kita juga harus membentuk manusia yang utuh, yang berkembang dari segala segi yang dimilikinya.
  8. Akurasi : dalam hal ini peran guru sangat penting karena dapat menghitung waktu yang akan digunakan untuk proses belajar mengajar.