Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/10/2014

Mengoptimalkan Model Pembelajaran SAVI

Hakikat Model Pembelajaran SAVI - Model pembelajaran SAVI secara tidak langsung banyak diterapkan dalam proses belajar mengajar sehari-hari. Karena definisi pembelajaran SAVI adalah mengoptimalkan seluruh panca indra yang kita miliki untuk belajar. SAVI adalah singkatan dari Somatic, Auditori, Visual dan Intelektual. Dengan model pembelajaran SAVI, siswa diajak untuk menggunakan kinerja otak kiri, otak kanan, emosi, panca indra dan wawasan yang dimiliki untuk lebih optimal dalam belajar.

Mengenal Model Pembelajaran SAVI

  1. SOMATIC diambil dari kata “soma” yang dalam bahasa Yunani berarti tubuh.  Belajar bukan hanya menggunakan otak, namun juga melibatkan tubuh. Menggunakan indra peraba akan membuat siswa mengenal langsung materi yang sedang dipelajari. Sehingga siswa dapat melakukan dan mengalami proses belajarnya.
  2. AUDITORI berati belajar dengan memanfaatkan indra pendengaran atau telinga dan mulut untuk menyimak materi yang disampaikan. Siswa diajak langsung untuk menangkap informasi yang diberikan. Hal ini tentunya berguna untuk menstimulasi daya ingat pada otak. Menggunakan mulut juga adalah hal yang sangat penting untuk menyampaikan argumen, opini dan pertanyaan kepada pengajar.
  3. VISUAL sudah pasti menggunakan mata untuk melihat segala sesuatu dalam proses belajar. Melalui visual, siswa akan dapat mengamati dan menggambarkan suatu hal. Karena dengan bantuan media visual ini, siswa akan lebih mudah memahami dan menyimpan informasi yang didapatkan ke dalam otak. Untuk kedepannya siswa akan lebih mudah mengingat informasi yang mereka dapatkan melalui buku, program, diagram ataupun segala hal yang dilihat pada proses pembelajaran.
  4. INTELEKTUAL adalah faktor penting untuk model pembelajaran SAVI. Karena daya intelektual siswa akan berperan penting dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi pada saat proses belajar. Dengan memanfaatkan intelektual yang dimiliki masing-masing siswa, mereka akan lebih mudah merenungkan suatu permasalahan, menyusun rencana, dan lebih mandiri dalam memecahkan permasalahan.


Kesimpulan Model Pembelajaran SAVI
Model pembelajaran SAVI dilakukan untuk membuat siswa lebih mengoptimalkan panca indra dan kemampuan personalnya untuk belajar. Pengajar harus mengambil peran aktif pada awal proses pembelajaran dan perlahan-lahan memberikan kepercayaan kepada siswa untuk belajar dengan memanfaatkan apa yang mereka miliki dan sarana belajar yang telah disediakan. Agar model pembelajaran SAVI dapat diterapkan dengan baik, pengajar harus kreatif untuk menciptakan sarana dan media belajar yang sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa.