Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/08/2014

Metode Pembelajaran Bahasa

Metode pembelajaran bahasa merupakan alat digunakan manusia dalam memberikan atau menyampaikan informasi kepada manusia lainnya. Di dunia ini sangat banyak bahasa yang digunakan manusia seperti tiap-tiap negara bahkan pulau memiliki bahasa yang berbeda sehingga  pembelajaran bahasa sangat penting, karena agar kita dapat mengerti bahasa negara lain dan dapat juga untuk memperbanyak pengetahuan kita.

Dalam metode pembelajaran bahasa banyak digunakan metode-metode unik agar orang yang belajar bahasa agar tertarik. Dan ini contoh metode pembelajaran bahasa antara lain: pembelajaran bahasa kilat, pembelajaran dengan les ataupun privat, pembelajaran di luar ruangan, pembelajaran dengan langsung praktek, dan masih banyak lagi metode yang banyak digunakan lainnya.

Selain banyak metode yang digunakan juga ada banyak bahasa yang lagi ngetren untuk di pelajari, misal: bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa  Arab, bahasa Korea, dan banyak lagi bahasa yang lagi ngetren untuk di pelajari.

Dalam bahasa kita juga dapat menilai karakteristik seseorang, seperti orang yang sering berbicara jorok atau berkata kasar dapat kita nilai bahwa orang tersebut juga cenderung berperilaku kasar. Dan ada banyak hal yang tidak dapat digambarkan oleh bahasa atau perkataan. Bahasa seakan-akan memberitahukan output yang ada dalam diri seseorang. Maka kemudian banyak sekali pepatah bahkan perintah agama agar kita menjaga lisan, hal ini karena lisan itu adalah yang dapat membuat seseorang bisa menyakiti dan membuat orang tersinggung. Oleh karenanya dengan menjaga lisan tentu akan sangat baik pelakunya agar terhindar dari berbagai permasalahan dalam kehidupan. Termasuk yang kita hindari dalam hal ini adalah para ibu-ibu yang sering bergosip dengan sesama ibu-ibu yang lain. Ini merupakan suatu kegiatan dan kebiasaan buruk yang harusnya ditinggalkan. Bahwa menceritakan aib orang lain adalah sama dengan ghibah dan berdosa, berbicara yang kemudian tidak ada bukti nyatanya tentu juga akan mengarah kepada fitnah. Dan hal-hal seperti ini sudah selayaknya dihindari dan inilah pentingnya kita belajar bahasa yang baik.

Demikianlah pembahasan seputar metode pembelajaran bahasa yang dapat penulis paparkan kepada Anda sekalian. Semoga dapat menambah wawasan tentang metode dalam pembelajaran di kelas.