Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/16/2014

Model Pembelajaran IPA

Model pembelajaran IPA yakni dalam suatu proses pembelajaran mata pelajaran setiap guru akan menggunakan metode asing bahkan aneh untuk mengajarkan ilmunya pada muridnya, itu sering disebut model pembelajaran. Dan kali ini kita akan membahas tentang model pembelajaran pelajaran IPA.
Ilmu IPA adalah ilmu yang mempelajari teori-teori tentang alam. IPA juga menerangkan hasil yang kecil maupun sampai yang besar, karena IPA bersifat menjelaskan pengertian ruang dan waktu.

Yang sudah saya terangkan tadi  bahwa guru akan menggunakan berbagai metode untuk membuat muridnya mengerti. Dan contoh model pembelajaran IPA yang sering digunakan dalam pembelajaran IPA yaitu: Pembelajaran dengan pemberian pengertian suatu materi, dengan membuat penelitian, kerja kelompok atau seminar kecil, dengan menunjukkan sifat obyek penelitian, pembelajaran di luar ruangan, tanya jawab, menerangkan materi dengan guyonan tetapi tetap serius, dan masih banyak lagi metode pembelajaran IPA.

Dalam segala model pembelajaran  tak akan berhasil apabila tanpa rasa partisipasi murid dalam menanggapi pembelajaran yang di sampaikan guru. Dan tanpa metode yang tepat murid juga akan bingung dalam mempelajari ilmu IPA. karena IPA  memang sangat sulit di pahami. Karena kesulitannya itu terkadang jurusan IPA hanya akan dimasuki oleh orang-orang yang mempunyai kemampuan dan daya nalar di atas rata-rata. Karena dalam IPA ini kita akan berhadapan tidak hanya pada materi yang berhubungan dengan kehidupan atau biologi, namun juga kita dituntut untuk menguasai bagian fisika dan senyawa-senyawa yang ada dalam kimia dan itulah yang dikehendaki dari jurusan IPA ini.

Dulu ketika saya SMA di kelas dua saya disuruh memilih jurusan yang disukai, saya memilih IPA bukan karena pelajarannya yang disukai seluruhnya, melainkan ada gengsi tersendiri bagi mereka yang masuk ke dalam jurusan IPA karena mempunyai teman dengan kemampuan rata-rata dan paling tidak kata orang tua saya akan mudah mencari pekerjaan kalau berasal dari lulusan IPA. Namun setelah saya masuk ke dalam jurusan IPA ini memang terbilang cukup rumit dengan hitungan-hitungan yang pasti, dan oleh karena itu kita dituntut untuk menghafalkan berbagai rumus yang ada tentunya. Dan oleh karena itu IPA sekali lagi adalah sains yang dipelajari berdasarkan teori-teori yang dipastikan, walau tidak semua teori yang ada adalah mutlak kebenaran.

Demikianlah pembahasan singkat tentang model pembelajaran IPA yang bisa dijadikan referensi untuk belajar di kelas.