Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/20/2014

Pendidikan dalam Implementasi Suatu Kurikulum

Implementasi Suatu Kurikulum - Konsep dasar dalam mengajar adalah proses penyampaian suatu materi pelajaran yang biasanya memiliki karakter sebagai berikut :

1. Proses mengajar yang lebih berorientasi pada guru
2. Peserta didik merupakan objek dalam proses belajar
3. Kegiatan belajar mengajar hanya terjadi pada tempat serta waktu yang tertentu.
4. Tujuan utama dalam memberikan pengajaran adalah penguasaan materi yang diberikan,Selain itu, mengajar juga sebagai suatu proses pengaturan lingkungan yang mana proses mengajar yang masih berpusat pada siswa dan juga sebagai subjek belajar

4. Makna mengajar dalam dunia pendidikan

Makna pembelajaran sering dijumpai dengan ciri-ciri sebagai berikut:
1. Belajar merupakan suatu proses untuk berpikir, yang artinya setiap individu diharapkan bisa menjadi individu mandiri yang mampu mendapatkan solusi pada setiap masalah yang ada.

2. Proses pembelajaran lebih memanfaatkan potensi yang ada pada otak, dimana pembelajaran yang berlangsung berusaha merangsang perkembangan otak dengan memberikan latihan sehingga otak akan semakin terpacu untuk selalu berpikir kritis namun cerdas.

3. Pembelajaran berlangsung abadi, artinya pembelajaran tidak bisa dibatasi oleh umur, karena pada dasarnya pembelajaran akan berlangsung sejak seseorang berumur 0 tahun dan hanya akan berhenti pada saat seseorang itu meninggal.
Prinsip Mengajar yang perlu dikembangkan adalah:

Selalu memiliki orientasi tujuan yang jelas, sehingga akan mempermudah proses belajar mengajar. Aktivitas guna mengembangkan kreativitas pada para siswa sehingga terlahir generasi muda yang cakap dan handal. Individualitas yang berfungsi untuk mengembangkan karakter seseorang, yang nantinya akan digunakan dalam kehidupan bermasyarakat.

Inspiratif, interaktif dan menyenangkan juga menantang dan memiliki motivasi
Makna belajar sendiri adalah proses dimana pembentukan individu mulai dikembangkan dengan diiringi keseimbangan antara ilmu pengetahuan, moral, serta kearifan dalam menghargai budaya leluhur sehingga tercipta karakter yang baik, cerdas dan bertanggung jawab. Belajar sendiri merupakan perangsang untuk mengetahui identitas diri, baik melalui tahapan formal ataupun informal.

Hasil dari belajar adalah lahirnya kemahiran intelektual, adanya informasi verbal, kegiatan belajar yang bisa mengatur kegiatan intelektual, pengendalian sikap juga lahirnya keterampilan motorik. Maka dari itu implementasi yang nyata mengenai suatu kurikulum adalah hal yang penting untuk kelangsungan dunia pendidikan.