Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/01/2014

Pengertian Pendidikan beserta filosofinya

Pengertian dari Pendidikan adalah usaha secara sadar serta terencana guna mencapai harapan bahwa peserta didik akan mendapatkan proses pembelajaran dan secara aktif bisa mengembangkan serta menyalurkan potensi diri sehingga peserta didik memiliki moral yang baik yang meliputi keagamaan, akhlak yang mulia, kepribadian yang jujur dan bertanggung jawab, dan juga memiliki kecerdasan dan keterampilan yang nantinya akan berguna bagi dirinya juga bagi masyarakat.

Menurut filosofi pengertian pendidikan adalah proses untuk menggapai suatu ilmu yang akan berlangsung seumur hidup. Banyak masyarakat umum yang berpendapat pendidikan sama dengan sekolah, pada kenyataannya tidak begitu. Sekolah merupakan sarana untuk mendapatkan suatu pendidikan, yang biasanya dibagi kedalam beberapa tahapan dan juga akan dibagi berdasarkan tingkat umur dan kemampuan seseorang.

Proses untuk menjalani suatu pendidikan berawal dari seseorang janin yang masih ada dikandungan, hingga lahir ke dunia ini dan akan berakhir sampai seseorang itu meninggal. Pendidikan pada janin bisa dimulai pada saat seorang ibu hamil dan ibu tersebut mendengarkan music klasik untuk membantu memberikan rangsangan dan perkembangan otak pada bayi. Selalu mengajak bicara dan membaca kepada janin yang ada dikandungan akan meningkatkan rangsangan perkembangan otak sebelum kelahiran. Pada bayi yang baru lahir, pemberian asi dan pembelajaran untuk mengenal benda-benda di lingkungan sekitar sudah dikategorikan ke dalam suatu pendidikan.

Anggota keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pendidikan seseorang, bahkan pendidikan dalam lingkungan keluarga memiliki efek yang jauh mendalam dibanding dengan pendidikan dari luar. Memang pendidikan dalam lingkungan keluarga berjalan tidak resmi dan berlangsung tanpa disadari, namun pendidikan didalam keluarga memiliki norma-norma yang kadang kala tidak akan didapatkan dalam pendidikan formal.

Seperti kata Mark Twain, beliau tidak ingin Sekolah mengganggu proses pendidikan yang sedang dijalaninya. Hal ini berarti tidak selalu pendidikan adalah sekolah, seperti yang ditafsirkan oleh kebanyakan masyarakat umum. Mark Twain sendiri merupakan seorang novelis terkenal pengarang beberapa buku best seller, salah satunya Tom Sawyer.

Oleh karenanya, sangatlah penting kita mengerti arti pendidikan yang sebenarnya dan bagaimana cara kita mempelajarinya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari –hari. Pendidikan adalah harta tidak terkira yang patut kita jaga.