Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/01/2014

Pentingnya evaluasi program pembelajaran

Evaluasi program pembelajaran sangatlah diperlukan dalam meningkatkan mutu pengajar itu sendiri. Para pengejar memang harus terus melakukan inovasi dalam pembelajaran yang dibawakannya agar para peserta didik selalu dapat mengikuti proses belajar dengan baik. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa dengan berkembangnya berbagai perangkat teknologi, maka juga berdampak dengan menyita waktu setiap orang yang selalu bergantung pada perangkat teknologi tersebut tak terkecuali para peserta didik juga. Memang dengan berkembangnya perangkat teknologi saat ini juga memiliki dampak yang positif jika digunakan untuk menunjang proses pembelajaran sehingga mendapat hasil yang lebih baik, namun juga tidak bisa dipungkiri bahwa perangkat teknologi tersebut juga bisa memberikan dampak yang negatif, seperti kurangnya memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran yang baik ataupun sudah mendapatkan pembelajaran dengan baik, namun tidak memanfaatkan perangkat teknologi dengan baik karena kurang beradaptasi di dunia yang semakin modern ini. Maka dari itulah para pengajar ataupun tenaga pendidik sangat penting untuk melakukan evaluasi dari hasil program pembelajaran yang mereka buat demi mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Evaluasi program pembelajaran sangatlah dibutuhkan agar para pengajar dapat mengetahui perkembangan para peserta didik alami. Dengan melakukan evaluasi di akhir, maka para pengajar dapat membuat beberapa kesimpulan mengenai perkembangan yang dapat dilihat dari peserta didik. Tak hanya itu, karena dengan mengetahui perkembangan para peserta didik, maka para pengejar juga dapat membuat perbandingan peserta didiknya yang satu dengan peserta didik yang lainnya. Evaluasi program pembelajaran ini juga dapat dijadikan tolak ukur oleh pengajar, apakah program pembelajaran yang diberikan selama ini sudah berjalan dengan baik dan memperoleh hasil maksimal  ataukah belum. Juga dapat dinilai apakah cara pemberian materi selama ini dapat diterima dengan baik oleh peserta didik atau tidak. Jika hal tersebut dilakukan tentunya akan membuat para pengajar dapat melakukan hal yang lebih baik lagi ke depannya.
Dan inilah sedikit ulasan mengenai evaluasi program pembelajaran yang di buat oleh pengajar, semoga dapat menambah wawasan kita semua.