Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/28/2014

Tujuan Perencanaan Pembelajaran

Setiap guru pastinya akan selalu berusaha agar pada saat ia mengajar, mendapat hasil yang optimal. Dan hal yang bisa membantu mewujudkan hal tersebut adalah dengan membuat sebuah perencanaan pembelajaran sebelumnya.

Tujuan perencanaan pembelajaran ini sebenarnya untuk membantu seorang guru agar mampu menguasai semua materi yang akan ia ajarkan dan penggunaan media belajar yang menunjang proses pembelajaran, serta guru dapat mengatur waktu yang ada sedemikian rupa agak semua materi dapat disampaikan kepada siswa bisa berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Dengan sudah di susunnya sebuah perencanaan pembelajaran menurut Oemar Hamalik bahwa tujuan dari perencanaan pembelajaran yaitu :
  1. Membantu seorang guru di dalam memperjelas  pemikiran mereka mengenai sumbangan pembelajaran yang sudah mereka lakukan demi mencapai tujuan yang sudah ditentukan.
  2. Dapat menjadikan seorang guru yang lebih jelas mengenai tujuannya dalam pendidikan sekolah.
  3. Memberikan keyakinan dalam guru di dalam menilai pembelajaran yang sudah diberikan sesuai dengan prosedur yang sedang digunakan. 
  4. Dapat membantu guru mengenal kebutuhan yang dibutuhkan oleh siswa meliputi minat dan motivasi belajar mereka.
  5. Membuat guru juga lebih kreatif dan semangat dalam mengajar serta juga tidak lupa untuk memberikan bahan pembelajaran yang terbaru juga.
Dari uraian diatas juga dapat disimpulkan bahwa tujuan dari perencanaan pembelajaran paling dasar yaitu sebagai pedoman untuk guru dan mengarahkan serta membimbing para siswa pada proses pembelajaran. Sesuatu proses dalam pembelajaran bisa dibilang berhasil jika pada awalnya sudah terdapat perencanaan  yang matang, maka hal tersebut sudah merupakan sebagian dari keberhasilan yang sudah dicapai, dan sisanya itu tergantung dari pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh perancang perencanaan proses belajar tersebut.

Perancangan pembelajaran ini juga dimaksudkan agar menjadi bekal para pengajar atau guru nantinya mengenai aspek - aspek yang termasuk dalam kurikulum serta pembelajaran. Didalam proses belajar mengajar juga terdapat komponen utama yaitu guru, siswa, serta kurikulum. Tiga komponen tersebutlah yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain didalam proses belajar mengajar. Demikian ulasan mengenai tujuan perencanaan pembelajaran, semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua.