Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/01/2014

Uji Kompetensi Guru

Uji kompetensi guru yang dilakukan serentak untuk melihat batas kemampuan dari calon guru merupakan hal yang wajib dilaksanakan untuk mendapatkan kualitas guru yang lebih baik. Sebelum menjadi seorang guru, terdapat beberapa uji yang mesti dilakukan seperti kompetensi awal atau disingkat UKA dimana seorang calon guru yang mengikuti beberapa tes tahap awal untuk mendapatkan gelar sertifikasi, tujuan dari tes ini ialah untuk mengetahui seberapa kemampuan dalam diri calon guru tersebut untuk menjadi guru profesional.

Simulasi biasanya digiatkan bertujuan untuk melihat proses yang terjadi ketika uji tersebut benar-benar dilakukan. Para calon guru yang sudah sarjana, wajib mengikuti pengajaran selama satu tahun untuk dapat memahami bagaimana menjadi guru yang mempunyai kualitas tinggi. Dalam uji kompetensi awal hanya diberlakukan untuk calon sertifikasi guru yang telah mengikuti PLPG.

Uji kompetensi guru baru dilancarkan secara online pada tahun 2013. Segala proses yang ada didalamnya sama halnya dengan sertifikasi tahun 2012. Meskipun pada tahun 2012 sudah dilakukan uji secara online, namun masih saja terdapat kekurangan yang harus diperbaiki lagi. Memang sudah terselenggara dengan baik dan tertib, namun penguasaan komputer yang masih banyak orang-orang belum dapat mengerti dengan benar cara penggunaannya. Dari tes yang telah diselenggarakan, masih banyak peserta yang belum bisa mendapatkan hasil yang baik.

Pelaksanaan uji secara online mendapatkan respon yang sangat besar dari berbagai kalangan, termasuk didunia maya. Bermacam situs online yang menyajikan pelatihan soal dan informasi tentang UKG online, selain itu banyak e book yang dijual untuk para calon peserta yang ingin mengetahui pelajaran-pelajaran yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Ada pula penghasilan yang berlipat bagi pengusaha warnet yang kebanjiran pengunjung untuk melihat pengumuman tentang UKG. Sehingga pendapatan tersebut berasal dari pelayanan UKG online ataupun dari iklan yang terpampang pada website dan juga pengunjung warnet. Semuanya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dan juga memanfaatkan kerja dari komputer.

Uji kompetensi guru merupakan suatu peningkatan kualitas yang diberlakukan oleh pemerintah dengan tujuan meningkatkan standarisasi dari sekolah, dan juga meningkatkan kurikulum yang tidak membebani siswa dengan banyaknya pelajaran yang diajarkan.