Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/29/2014

Definisi Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan Pembelajaran - Dalam sebuah kegiatan pembelajaran maka seorang tenaga pendidik sangat penting untuk mengetahui setiap komponen yang diperlukan untuk memaksimalkan fungsi pembelajaran. Salah satunya adalah dengan cara memahami pendekatan pembelajaran guna memberikan yang terbaik bagi para peserta didiknya. Secara bahasa maka pendekatan pembelajaran ini terdiri dari dua kata yakni pendekatan dan pembelajaran. Pendekatan memiliki arti sebuah upaya yang dilakukan oleh seseorang (dalam hal ini adalah tenaga pendidik) untuk mendekati sesuatu hal. Sedangkan kata pembelajaran dapat kita artikan sebagai sebuah upaya alih ilmu pengetahuan dari seorang tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Sehingga dengan hal ini dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran merupakan sebuah upaya untuk mendekati para peserta didik dalam memberikan sebuah kegiatan belajar yang baik dan memudahkan mereka untuk mencapai tujuan dari sebuah kegiatan pembelajaran itu sendiri.

Pendekatan pembelajaran ini merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena dengan menggunakan cara yang baik untuk melakukan sebuah pendekatan kepada para peserta didik maka seorang tenaga pendidik akan lebih mudah memasukkan doktrin-doktrin pembelajaran yang nantinya akan mengantarkan para peserta didik ke dalam sebuah pemahaman tentang materi yang diajarkan oleh tenaga pendidiknya. Hingga akhirnya mereka dapat mengerti dan memahami sepenuhnya tentang materi pembelajaran yang mereka terima tersebut.

Ketika kita membicarakan lebih jauh mengenai pendekatan pembelajaran ini maka mengantarkan kita untuk membahas mengenai banyak hal . Termasuk di antaranya adalah beberapa upaya yang dapat diperhatikan oleh seorang tenaga pendidik dalam upaya melakukan pendekatan kepada para peserta didiknya pada saat melakukan sebuah kegiatan pembelajaran. Misalkan saja dengan melakukan pendekatan secara personal kepada seorang peserta didiknya untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik tersebut.

Dengan langkah seperti ini maka seorang tenaga pendidik akan dapat mengetahui tentang potensi yang dimiliki oleh peserta didiknya hingga akhirnya mereka pun dapat menentukan langkah terbaik yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan potensi tersebut. Semisal sebagai bahan pertimbangan mengenai strategi dan media pembelajaran yang digunakan untuk peserta didik tertentu. Dengan hal ini maka akan lebih memudahkan bagi seorang tenaga pendidik untuk membantu peserta didiknya dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga ulasan di atas bermanfaat.