Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/07/2014

Pemilihan Media Pembelajaran

Kehadiran media pembelajaran dalam sebuah kegiatan pembelajaran sangatlah penting. Tanpa adanya media pembelajaran yang baik maka sebuah kegiatan pembelajaran yang berlangsung tidak akan dapat berjalan dengan baik dan para peserta didik akan banyak mengalami kesulitan terkait dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya terlebih untuk materi pembelajaran yang biasanya abstrak. Karena hal tersebutlah maka dalam sebuah kegiatan pembelajaran untuk dapat berlangsung secara efektif maka seorang tenaga pendidik harus dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan. Untuk mendapatkannya maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan menjadi bahan pertimbangan saat akan menggunakan sebuah media pembelajaran. Di antaranya adalah sebagai berikut.


  1. Hal pertama yang harus ditekankan terkait dengan media pembelajaran ini adalah pemahaman bahwa tidak ada satu pun media yang jelek untuk digunakan dalam pembelajaran atau pun sebaliknya. Setiap media pembelajaran yang digunakan memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing tergantung dari bagaimana pemanfaatannya apakah efektif atau tidak.
  2. Yang kedua yang harus menjadi pemahaman bersama adalah bahwa kehadiran media pembelajaran dalam sebuah kegiatan pembelajaran merupakan satu kesatuan yang tidak berdiri sendiri. Dalam artian media pembelajaran ini bukan hanya sekedar sebagai alat bantu saja tetapi lebih pada sebuah kegiatan pembelajarannya.
  3. Melihat kemampuan peserta didik. Pemilihan media pembelajaran ini harus menyesuaikan dengan keadaan dari peserta didik itu sendiri. Hal ini karena bagaimana pun juga kehadiran dari media pembelajaran ini lebih diutamakan, ditujukan untuk para peserta didik. Sehingga dapat dikatakan bahwa sebuah media pembelajaran akan dapat digunakan secara maksimal jika media pembelajaran tersebut sesuai dengan keadaan peserta didik yang belajar.
  4. Sebaiknya dalam suatu kegiatan pembelajaran dalam satu waktu, menghindari penggunaan berbagai media sekaligus. Karena hal ini sangat tidak efektif dan berdampak pada peserta didik yang akan mengalami kebingungan terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.
Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sajikan kepada anda tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran yang efektif. Semoga beberapa ulasan di atas mampu memberikan banyak manfaatnya bagi anda sekalian dan tentunya semoga kegiatan pembelajaran yang ada semakin berkembang. Sekian, dan terima kasih.