Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/11/2014

Jenis-Jenis Pembelajaran

Jenis-Jenis Pembelajaran - Kegiatan Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan penyampaian informasi terkait dengan materi pelajaran yang dilakukan oleh para tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Saat ini dunia semakin berkembang seiring dengan adanya kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan telah membawa pengaruh yang besar terhadap kemajuan dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Nah karena hal tersebutlah maka pada ulasan berikut ini saya sengaja menginformasikan berbagai hal menarik yang berhasil saya rangkum mengenai jenis-jenis pembelajaran. Karena itu simak ulasan berikut ini dengan seksama agar anda dapat mendapatkan informasinya.

  1. Jenis pembelajaran yang pertama adalah pembelajaran secara langsung atau biasa kita sebut dengan pembelajaran konvensional atau metode ceramah. Pembelajaran ini merupakan jenis pembelajaran yang paling banyak digunakan di Indonesia di mana seorang tenaga pendidik menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya secara langsung. Di sini memiliki ciri utama yakni tenaga pendidik memiliki peranan yang lebih dominan dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung.
  2. Jenis pembelajaran yang selanjutnya adalah pembelajaran interaktif. Perbedaan utama antara pembelajaran interaktif ini dengan pembelajaran ceramah adalah terletak pada penekanan interaksi yang lebih ditekankan antara tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Di sini tenaga pendidik tetap menyampaikan materi pembelajaran seperti pada jenis pembelajaran ceramah, tetapi ada kalanya memberikan pertanyaan atau memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya. Sehingga diharapkan para peserta didik akan lebih aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  3. Jenis pembelajaran konstrukstivisme. Pembelajaran jenis ini lebih menekankan pada pembangunan situasi pembelajaran yang kondusif pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Pembelajaran dengan jenis ini, orientasi pembelajaran lebih ditekankan pada peserta didik di mana seorang tenaga pendidik hanya memiliki peranan sebagai penggerak yang memberikan instruksi dan mengarahkan kegiatan pembelajaran supaya berjalan kondusif. Sedangkan peranan utama atau yang lebih aktif dalam jenis pembelajaran yang satu ini adalah para peserta didik itu sendiri.
  4. Jenis pembelajaran yang keempat adalah pembelajaran Inkuiri. Pada pembelajaran ini lebih menekankan pada peserta didik untuk lebih aktif melakukan pengamatan dan penganalisisan tentang fenomena-fenomena yang terjadi yang jawabannya belum diketahui sebelumnya. Jenis pembelajaran ini sering kali disebut pembelajaran proses.

Di atas merupakan beberapa jenis pembelajaran saja, selain itu masih banyak jenis pembelajaran yang lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.