Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/17/2014

Kelebihan Pembelajaran Berbasis Multimedia

Pembelajaran Berbasis Multimedia - Kegiatan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting yang harus dilalui oleh setiap generasi bangsa. Hal ini dikarenakan dengan adanya proses pembelajaran yang baik tersebut maka setiap individu akan dapat berkembang dengan baik dan menjadi pribadi yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut maka tentunya harus selalu ada pengembangan kegiatan pembelajaran mengikuti perkembangan di dunia. Salah satu upaya pengembangan pembelajaran ini terlihat pada pembelajaran berbasis multimedia. Apa sebenarnya pembelajaran multimedia ini? Dan apakah kelebihannya jika dibandingkan dengan pembelajaran yang lain, yang lebih dahulu ada? Pembelajaran berbasis multimedia ini merupakan sebuah kegiatan pembelajaran inovatif yang memanfaatkan multimedia sebagai sarana untuk memberikan pembelajaran. Dengan asumsi bahwa para peserta didik akan lebih mudah menerima pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.

Kelebihan yang dimiliki oleh pembelajaran berbasis multimedia.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pembelajaran berbasis multimedia yang berkembang saat ini di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Pembelajaran berbasis multimedia ini dinilai lebih interaktif dan komunikatif jika dibandingkan dengan pembelajaran yang lainnya. Hal tersebut karena dengan pembelajaran multimedia maka seorang tenaga pendidik dan para peserta didiknya akan lebih mudah untuk berkomunikasi terkait dengan kegiatan pembelajaran secara lebih efisien.
  2. Kegiatan pembelajaran berbasis multimedia ini juga dinilai lebih fleksibel dan santai. Banyak peserta didik yang mengeluh dalam pembelajaran konvensional namun tertarik ketika dilakukan pembelajaran berbasis multimedia ini. Ha tersebut karena pembelajaran multimedia tersebut lebih santai dan fleksibel serta menarik perhatian para peserta didik. Dengan hal ini membuat tenaga pendidik akan lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran secara lebih terfokus.
  3. Materi pembelajaran yang biasanya bersifat abstrak dapat disampaikan menjadi lebih jelas menggunakan media. Seorang tenaga pendidik dapat memberikan gambar, foto, audio maupun video yang berguna untuk menambah pemahaman para peserta didik terkait dengan pelajaran tersebut. Sehingga dengan hal ini maka para peserta didik pun lebih mudah dalam memahami pelajaran yang bersifat abstrak.
Dan itulah sedikit ulasan yang dapat saya berikan kepada anda terkait dengan kelebihan yang dimiliki oleh pembelajaran berbasis multimedia ini. Semoga beberapa ulasan yang telah saya sampaikan di atas dapat memberikan banyak manfaatnya untuk anda. Sekian, terima kasih.