Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/14/2014

Memahami Model Pembelajaran Aktif

Model pembelajaran aktif merupakan sebuah model pembelajaran yang banyak dikembangkan di sekolah-sekolah saat ini. Model pembelajaran ini dinilai memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan pembelajaran yang lainnya. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang seperti ini memberikan banyak peluang kepada para tenaga pendidik dan juga para peserta didik untuk memaksimalkan situasi pembelajaran menjadi sebuah kegiatan yang lebih aktif. Sehingga dengannya para peserta didik lebih aktif dalam banyak hal misalkan dalam hal berinteraksi dengan peserta didik lain maupun dengan tenaga pendidik, para peserta didik lebih dikembangkan untuk berani menyampaikan pendapat mereka dan dapat mewujudkan sebuah kemandirian dalam diri peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Dalam menerapkan sebuah kegiatan pembelajaran  aktif ini maka ada banyak strategi yang bisa diterapkan oleh seorang tenaga pendidik. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pengalaman penting. Strategi ini mengajarkan kepada para peserta didik untuk berbagai pengalaman penting (sharing) yang mereka alami. Dengan hal ini maka mereka diharapkan akan saling aktif dalam berbagai antar peserta didik yang satu dengan yang lainnya.

2. Kerja kelompok. Model pembelajaran aktif ini dapat dikembangkan menggunakan model pembelajaran kooperatif atau kerjasama. Di sini para peserta didik dapat kita arahkan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan secara bersama-sama di dalam kelompok yang telah dibuat. Misalkan saja dengan memberikan sebuah soal kepada para peserta didik untuk menyusun kalimat acak menjadi sebuah paragraf yang baik dan lain sebagainya.

3. Saling bertukar Pengetahuan. Seorang tenaga pendidik dapat memberikan instruksi kepada para peserta didiknya untuk aktif dalam bertukar pengetahuan. Dan hal ini dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok yang lebih intens.

Selain beberapa strategi yang telah saya sebutkan di atas tentunya masih terdapat banyak strategi yang lainnya yang dapat dikembangkan oleh seorang tenaga pendidik dalam menghidupkan suasana pembelajaran di kelas. Namun demikian ada hal penting yang harus ditekankan pada pembelajaran ini, bahwa seorang tenaga pendidik harus aktif dalam mengatur kondisi kelas agar tetap kondusif selama kegiatan pembelajaran karena bagaimanapun juga keberhasilan dari model pembelajaran ini sangat ditentukan dari sebagaimana kemampuan seorang tenaga pendidik dalam mengkondisikan kelasnya.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya berikan untuk ada. Semoga memberikan manfaat.