Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/04/2014

Mengenal Pembelajaran ICT

Saat ini dunia telah semakin berkembang. Khususnya jika kita melihat tentang perkembangan teknologi yang terjadi di dunia saat ini sudah semakin tak terkendali. Hal ini tentu menimbulkan berbagai macam fenomena baru yang terus terjadi. Seperti salah satunya adalah fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan. Dari sekian banyak fenomena yang terjadi maka satu di antaranya yang akan kita bahas pada ulasan berikut ini adalah tentang fenomena pembelajaran ICT. Apakah itu pembelajaran ICT? Sebagian dari anda mungkin masih merasa asing dengan pembelajaran yang satu ini. Karenanya beberapa ulasan di bawah ini sangat menarik untuk anda baca karena beragam informasi menariknya akan saya sajikan. Sebagai berikut.

Pembelajaran ICT merupakan sebuah terobosan pembelajaran yang terbaru. Pembelajaran ini memanfaatkan media teknologi informasi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran atau dalam kata lain pembelajaran ICT ini merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang berbasis Komputer. Pembelajaran ini merupakan sebuah pembelajaran yang terbilang baru untuk Indonesia, dan jika kita kaji lebih mendalam pembelajaran ICT ini memiliki berbagai macam kelebihan dan kekurangan jika diterapkan pada peserta didik. Di antaranya adalah seperti di bawah ini.
  1. Kelebihan pembelajaran ICT. Pembelajaran ICT ini merupakan sebuah pembelajaran yang memanfaatkan teknologi Komputer memiliki kelebihan diataranya adalah karena menggunakan teknologi Komputer maka kegiatan pembelajaran yang berlangsung pun akan menarik bagi para peserta didik, Komputer dapat memberikan gambaran yang lebih nyata bagi para peserta didik terkait materi pelajaran abstrak yang disampaikan oleh tenaga pendidik atau dengan kata lain media pembelajaran Komputer dapat lebih memudahkan pemahaman para peserta didik. Dan juga kelebihan-kelebihan yang lainnya.
  2. Kekurangan pembelajaran ICT. Selain kelebihan, kegiatan pembelajaran ini juga memiliki berbagai macam kelemahan, seperti, pemilihan jenis software yang digunakan dalam pembelajaran harus benar-benar diperhatikan, kesuksesan dari kegiatan pembelajaran berbasis Komputer ini sangat bergantung pada kemampuan para tenaga pendidik dan juga peserta didik dalam menggunakan perangkat Komputer, terlebih saat ini yang kita tahu  tingkat pemahaman Komputer bagi peserta didik dan tenaga pendidik saat ini berbeda-beda.
Demikianlah sedikit ulasan yang dapat berikan untuk anda tentang pembelajaran ICT. Semoga beberapa ulasan di atas dapat memberikan manfaat. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutya.