Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/02/2014

Metode Pembelajaran SD

Metode Pembelajaran SD - Untuk menciptakan sebuah kegiatan pembelajaran yang baik bagi para peserta didik maka seorang tenaga pendidik harus memperhatikan banyak hal. Salah satunya adalah dengan memperhatikan metode pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan bagi para peserta didiknya. Pada ulasan berikut ini saya akan mencoba mengulas tentangnya, khususnya menyangkut metode pembelajaran yang baik untuk diterapkan di SD atau Sekolah Dasar. Karena itulah simak ulasan selengkapnya di bawah ini dengan seksama agar berbagai informasi yang saya sajikan dapat anda pahami.
  1. Metode pembelajaran untuk anak sekolah dasar yang pertama adalah metode pembelajaran konvensional atau yang sering kali kita sebut sebagai metode pembelajaran ceramah. Ciri utama dari metode pembelajaran ini adalah seorang tenaga pendidik  menjadi pusat dari kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Hal tersebut karena pada metode pembelajaran ini seorang tenaga pendidik menyampaikan informasi terkait materi pembelajaran secara langsung. Metode ini baik untuk diterapkan bagi para peserta didik di sekolah dasar sebagai sebuah landasan atau materi dasar sebelum mereka menempuh jenjang pendidikan di tingkat yang selanjutnya.
  2. Metode Diskusi. Untuk memancing reaksi  sosial dari para peserta didik di tingkat sekolah dasar maka seorang tenaga pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran yang satu ini. Dengan mengadakan kegiatan diskusi maka sesama peserta didik akan saling berinteraksi satu sama lain dan peran tenaga pendidik di sini adalah sebagai pengondisi agar pembelajaran dalam bentuk diskusi dapat berjalan dengan baik.
  3. Metode Demonstrasi. Ada kalanya materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidik kurang dapat dipahami dengan baik oleh para peserta didiknya. Sehingga hal ini memerlukan peragaan secara audio visual oleh tenaga pendidik menggunakan media pembelajaran yang diharapkan akan dapat membantu para peserta didik dalam memahami pelajaran. Contoh kasus penerapan metode ini adalah saat seorang tenaga pendidik sekolah dasar menyampaikan materi tentang proses terjadinya sebuah hal pada peserta didiknya.
  4. Metode tugas. Seorang tenaga pendidik sekolah dasar harus sering kali memberikan tugas kepada para peserta didiknya agar mereka sering berlatih dan untuk mengukur kemampuan masing-masing peserta didik.
Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan tentangnya. Semoga beberapa ulasan yang saya sampaikan bermanfaat untuk anda sekalian, sampai jumpa pada ulasan yang berikutnya.