Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/12/2014

Metode Pembelajaran TK yang Baik

Metode Pembelajaran TK - Pendidikan di taman kanak-kanak ataupun juga pendidikan anak usia dini merupakan sebuah pendidikan yang penting untuk mendukung perkembangan individu saat ini. Dengan pembelajaran di tingkat PAUD atau TK tersebut maka seorang individu akan dapat berkembang dengan baik sesuai dengan tingkat perkembangan usianya. Untuk mendapatkan pembelajaran TK yang berkualitas tentunya diperlukan sebuah metode atau cara yang baik, mengingat anak usia TK tersebut memiliki tingkat pemahaman yang masih terbilang rendah. Dengan demikian maka pembelajaran TK harus dibedakan dengan pembelajaran yang lainnya. Seperti apakah metode pembelajaran TK yang saya maksud tersebut? Beberapa penjelasannya akan saya sajikan berikut ini, sehingga penting bagi anda untuk menyimak ulasan berikut ini dengan seksama agar beragam informasi yang saya sajikan tentangnya dapat anda ketahui.

  1. Metode pertama yang dapat digunakan dalam pembelajaran TK adalah metode cerita. Seorang anak pada usia TK memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi. Mereka sangat menyukai cerita, sehingga dengan hal ini maka seorang tenaga pendidik di taman kanak-kanak diharapkan dapat memberikan materi pembelajaran menggunakan cara-cara bercerita sehingga para peserta didiknya dapat lebih mudah memahami.
  2. Metode bercakap-cakap merupakan metode yang selanjutnya. Metode ini sangat baik digunakan untuk membantu seorang anak di tingkat TK dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Metode ini dititikberatkan pada kemampuan komunikasi yang dimiliki oleh peserta didik.
  3. Metode yang selanjutnya adalah metode tanya jawab. Di sini seorang tenaga pendidik dapat melakukan tanya jawab kepada para peserta didiknya. Dengan catatan tanya jawab yang dilakukan tersebut harus dapat memancing reaksi yang baik bagi para peserta didik tanpa membuat mereka merasa tertekan. Ada dua jenis pertanyaan yang dapat dilakukan, pertama dengan pertanyaan ingatan, yaitu pertanyaan yang diberikan untuk melihat sejauh mana daya tangkap yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Yang kedua adalah pertanyaan pikiran, ini merupakan jenis pertanyaan yang memancing penggunaan daya pikir para peserta didik. Dengan metode ini maka seorang tenaga pendidik akan dapat mengetahui sejauh mana peserta didik berkembang.

Itulah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda tentang pembelajaran di TK. Semoga sedikit ulasan yang saya sampaikan di atas dapat memiliki manfaat bagi anda sekalian.