Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/03/2014

Model Inkuiri sebagai Model Pembelajaran Sains

Pembelajaran sains atau ilmu pengetahuan alam merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada lingkungan alam. Pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan kepekaan dan juga perhatian bagi para peserta didik untuk dapat mengenali secara lebih mendalam tentang lingkungan alam. Melalui pembelajaran sains ini diharapkan seiring dengan bertambahnya pemahaman tentang lingkungan alam maka diharapkan di masa depan lahir generasi yang memiliki kepedulian untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera tanpa melupakan kelestarian alam. Untuk mewujudkan pembelajaran sains yang baik dalam mencapai tujuan pembelajaran di atas maka diperlukan sebuah model pembelajaran yang baik untuk diterapkan kepada para peserta didik. Salah satunya adalah yang akan kita bahas pada ulasan berikut ini yang berkaitan dengan Model Inkuiri sebagai model pembelajaran sains. Sebagai berikut.

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan model pembelajaran Inkuiri ini, karenanya pada ulasan berikut saya akan menjelaskan tentangnya kepada anda terlebih dahulu. Model pembelajaran Inkuiri ini merupakan sebuah model pembelajaran yang menekankan pada proses yang dilakukan oleh para peserta didik dalam melakukan penyelidikan dan melakukan analisis terkait dengan fenomena yang tidak biasa. Nah dalam hal ini kita kerucutkan pada fenomena tidak biasa yang terjadi pada lingkungan alam yang dikaji dalam mata pelajaran sains ini.

Contoh model pembelajaran ini pada mata pelajaran sains adalah seorang tenaga pendidik dapat memberikan tugas kepada para peserta didiknya untuk bersama-sama melakukan penyelidikan tentang sebuah hal yang sebelumnya belum diketahui jawaban dari kejadian atau pertanyaan tersebut. Atau dengan kata lain tugas yang diberikan tersebut akan dapat terjawab setelah para peserta didik melakukan serangkaian proses yang berkaitan dengan penelitian dan penyelidikan yang kemudian mereka disuruh untuk melakukan analisis, atau pengkajian terhadap proses dan hasil yang mereka peroleh selama kegiatan tersebut dilakukan. Dengan model pembelajaran yang semacam ini maka para peserta didik akan lebih termotivasi untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang alam dan akan berlomba-lomba melakukan penyelidikan dan pengembangan terkait dengan materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda tentang model pembelajaran inkuiri ini. Semoga beberapa ulasan di atas dapat memberikan banyak manfaatnya.