Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/08/2014

Model Pembelajaran Biologi

Biologi merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam. Biologi ini merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Dalam memberikan mata pelajaran ini di sekolah maka seorang tenaga pendidik harus memiliki sebuah cara khusus berupa sebuah model pembelajaran yang berbeda dari pembelajaran yang lainnya. Misalkan saja karena pembelajaran biologi ini berkaitan erat dengan lingkungan alam maka pembelajaran yang berlangsung harus memiliki orientasi dengan alam. Nah di sini saya akan menyajikan pada anda sekalian tentang model pembelajaran biologi yang baik untuk diterapkan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Model pembelajaran ceramah. Model pembelajaran ceramah ini sangat diperlukan pada mata pelajaran biologi saat awal pembelajaran diberikan. Pembelajaran dengan model seperti ini sama dengan model mata pelajaran yang lain yang bertujuan untuk memberikan bekal kepada para peserta didik sebelum nanti berkembang menggunakan model pembelajaran lain yang lebih kompleks.
  2. Model pembelajaran Observasi Lapangan. Karena pembelajaran Biologi ini berkaitan erat dengan lingkungan alam maka model pembelajaran observasi sangat pas untuk diterapkan bagi para tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Para tenaga pendidik dapat menginstruksikan kepada para peserta didik untuk melakukan observasi atau pengamatan tentang sebuah kejadian yang berkaitan erat dengan materi pembelajaran yang disampaikan.
  3. Model pembelajaran eksperimental. Model pembelajaran eksperimen atau percobaan merupakan model pembelajaran yang baik untuk pelajaran Biologi. Melalui model pembelajaran yang satu ini seorang tenaga pendidik dapat melakukan pengkajian dengan mengadakan eksperimen terkait dengan materi pelajaran biologi tersebut. Dengan model ini maka materi pembelajaran pun akan dapat dengan mudah dipahami oleh para peserta didik.
  4. Model pembelajaran diskusi. Sama seperti pada pembelajaran dalam ilmu yang lain pada umumnya. Pada mata pelajaran biologi juga tetap diperlukan adanya model pembelajaran diskusi. Selain untuk melancarkan interaksi sosial antar peserta didik hal ini juga bermanfaat dalam mempermudah pemahaman peserta didik. Misalkan saja seorang tenaga pendidik dapat mengajak para peserta didiknya untuk mengkaji tentang fenomena alam yang berkaitan dengan biologi yang terjadi saat itu (kontekstual).

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan tentangnya, semoga beberapa ulasan di atas dapat bermanfaat bagi anda sekalian. Sampai bertemu pada ulasan yang selanjutnya.