Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/20/2014

Pembelajaran Jigsaw

Pembelajaran Jigsaw - Kegiatan pembelajaran dalam sebuah kehidupan memegang peranan yang sangat penting. Setiap individu akan dapat berkembang dengan baik dengan kegiatan pembelajaran karena di sini terjadi alih ilmu pengetahuan dari tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Sekarang ini kegiatan pembelajaran ini semakin berkembang. Seperti satu di antaranya adalah pembelajaran jigsaw.

Pembelajaran Jigsaw merupakan sebuah model pembelajaran kooperatif atau model pembelajaran yang lebih menekankan pada terjadinya kerjasama antara tenaga pendidik dan para peserta didik. Model pembelajaran ini jika dibandingkan dengan model pembelajaran jenis yang lainnya maka pembelajaran ini memiliki berbagai kelebihan. Di antaranya beberapa kelebihan tersebut adalah.

  1. Model pembelajaran ini lebih menekankan pada kerja sama yang terbentuk di antara para peserta didik. Dengannya maka peserta didik akan berlatih untuk bekerja sama di dalam tim-tim yang dibentuk.
  2. Para peserta didik akan lebih aktif dalam menyampaikan pendapatnya di dalam kelompoknya. Mereka akan lebih aktif dalam berinteraksi dengan orang lain di dalam kelompok sehingga dengan hal ini seorang tenaga pendidik dapat lebih menjelaskan tentang kehidupan sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain kepada para peserta didiknya. Dengan hal ini maka sangat memungkinkan untuk menciptakan sebuah kedekatan yang terintegrasi di antara para peserta didik yang terlibat sehingga konflik yang terjadi di antara mereka dapat diminimalkan.
  3. Kehidupan gotong royong merupakan sebuah kehidupan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Melihat kehidupan modern yang ada saat ini maka kebudayaan gotong royong ini sedikit demi sedikit telah luntur sehingga diperlukan sebuah cara untuk membudayakannya kembali. Nah model pembelajaran jigsaw ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk hal tersebut karena di sini para peserta didik akan dituntut untuk bekerja sama dengan tim.
  4. Dengan model pembelajaran yang dilakukan dalam bentuk tim-tim ini maka para peserta didik yang biasanya pasif akan terpancing untuk aktif seperti anggota kelompoknya yang lain. selain itu juga memungkinkan bagi para peserta didik untuk belajar dengan tutor sebaya.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda sekalian tentang model pembelajaran jigsaw ini, semoga beberapa ulasan yang saya sampaikan di atas dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian.