Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/01/2014

Pengertian Membaca

Pengertian membaca dalam kesatuan bahasa Indonesia ialah memahami dan melihat isi dari tulisan yang sudah tertulis, dengan cara melafalkan dari hati atau berbicara, dan mengeja serta melafalkan apa yang telah diduga, diramalkan dan mengucapkan. Arti lain dari membaca adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dengan cara melihat sesuatu yang ditulis.

Membaca bukan hanya sekedar melihat saja, namun juga harus dapat memahami konteks dari apa yang dilihat. Misalnya saja sedang membaca satu buah buku yang didalamnya terdapat cerita rakyat. Maka baca dari atas dengan teratur perkata kemudian pahami maksud dari apa yang diceritakan. Ada banyak pengertian yang didefinisikan oleh para pakar atau ahli, semua penjelasan tersebut merupakan suatu hal yang sama, namun dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Pengertian membaca yang telah dijelaskan oleh para ahli, dikatakan membaca menurut Lilis S dan Kholid A.H adalah membunyikan dan mengemukakan beberapa lambang tulisan yang dilihat dengan huruf menjadi kata dan berubah menjadi frasa, selanjutnya berupa kalimat, dan keseluruhan berupa paragraph. Sedangkan Samsu somadayo mengatakan arti dari membaca ialah suatu macam kegiatan interaktif untuk dapat memahami arti dari kandungan bahan yang tertulis. Miles A tingker dan Contasc mengatakan membaca itu melibatkan sebuah proses mengingat dan identifikasi dari suatu bacaan yang telah disajikan dengan tujuan sebagai rangsangan untuk menjadikannya sebuah pengalaman dan membuat pengertian baru dari beberapa konsep yang sama atau relevan.

Pengertian dalam membaca selanjutnya diungkapkan oleh Tampubolon, membaca merupakan suatu cara yang bertujuan untuk membina daya nalar yang dimulai dengan terbiasanya membaca. Jika seseorang telah kebiasaan membaca maka daya nalar yang dialaminya akan lebih terbina, dan dapat membaca hanya dengan menggerakkan mata, jadi tidak perlu lagi bantuan telunjuk atau pointer sebagai alat bantu untuk mengarahkan tulisan. Pengertian selanjutnya dijelaskan oleh hodgson, membaca ialah suatu proses yang dipergunakan dan dilakukan oleh seorang pembaca dengan tujuan memperoleh pesan yang ingin disampaikan oleh seorang penulis melalui bahasa tulis ataupun media kata.

Pengertian membaca yang bermacam-macam pendapat tersebut merupakan suatu penjabaran yang diungkapkan dengan berbagai versi tentang membaca. Pada intinya, membaca merupakan suatu hal yang mutlak dilakukan untuk dapat melihat apa saja yang disampaikan dengan tulisan ataupun simbol.