Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/28/2014

Pentingnya Pembelajaran PAI

Pentingnya Pembelajaran PAI - Saat ini negara berkembang layaknya Indonesia telah menghadapi sebuah permasalahan yang sangat besar yakni globalisasi. Dengan adanya globalisasi ini maka membuat budaya asing lebih mudah masuk ke negara kita. Hal tersebut membuat berbagai macam fenomena, bukan hanya menyoalkan pada kehidupan yang semakin membaik dengan banyaknya perangkat teknologi yang semakin memudahkan kehidupan kita saja. Tetapi lebih dari itu globalisasi juga memiliki banyak hal buruk yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah dengan semakin lunturnya nilai-nilai luhur yang selama ini telah mengakar dalam kepribadian luhur bangsa. Karena hal tersebutlah maka diperlukan sebuah upaya pencegahan sekaligus penanganan dampak buruk globalisasi ini. Salah satunya adalah dengan mengintensifkan pembelajaran agama Islam di sekolah.

Pembelajaran PAI di sekolah ini perlu diintensifkan guna menjadi upaya preventif terhadap keterpurukan akhlak dan moral bangsa. Pembelajaran PAI ini di sekolah memiliki banyak tujuan utama yang di antaranya akan saya jelaskan lebih rinci pada ulasan berikut.

  1. Memberikan dasar keagamaan yang kuat terhadap seorang muslim dan muslimah. Manusia merupakan makhluk relijius yang senantiasa memiliki ketergantungan terhadap Tuhan. Karenanya dengan pembelajaran PAI ini di sekolah hal tersebut diharapkan akan dapat memberikan dasar-dasar keagamaan bagi setiap individu untuk dapat menjalani kehidupan sesuai dengan nilai-nilai keagamaan.
  2. Untuk meningkatkan jati diri bangsa. Nilai-nilai keagamaan yang terkadang dalam PAI akan memberikan sumbangsih yang besar jika diintensifkan dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah. 
  3. Seperti yang telah saya sebutkan pada ulasan di awal, bahwasanya globalisasi memiliki banyak yang buruk disamping berbagai macam kemudahan yang ada di dalamnya. Nah untuk mengurangi dampak buruk yang terdapat di dalam globalisasi tersebut maka perlu mengintensifkan pembelajaran PAI ini di sekolah. Ketika seorang individu telah memiliki keimanan yang kuat maka di dalam hidupnya akan sangat berhati-hati. Sehingga hal ini akan secara otomatis menghindarkan seseorang dari dampak negatif adanya globalisasi. Atau dapat kita simpulkan bahwa salah satu upaya yang paling efektif untuk menanggulangi dampak globalisasi adalah dengan meningkatkan iman dan takwa pada diri seorang peserta didik melalu pembelajaran PAI di sekolah.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan, semoga beberapa ulasan di atas bermanfaat untuk anda sekalian.