Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/18/2014

Pentingnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran - Salah satu hal penting yang harus  diperhatikan oleh seorang tenaga pendidik untuk memberikan sebuah kegiatan pembelajaran yang baik kepada para peserta didiknya adalah dengan membuat sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang biasa kita kenal dengan sebutan RPP. RPP ini memiliki berbagai macam peranan penting dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Beberapa peranan tersebut akan kita kupas secara lebih lengkap pada ulasan berikut ini. Jadi jika anda menginginkan untuk mengetahui informasinya, maka wajib bagi anda untuk menyimak ulasan yang saya sajikan berikut ini dengan seksama agar tak terlewat satu pun.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika guru berhasil membuat sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik adalah di antaranya sebagai berikut.

  1. Sebuah kegiatan pembelajaran akan dapat berjalan secara sistematis dan terarah. Seorang tenaga pendidik akan dapat memberikan arahan jalannya sebuah kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang telah direncanakannya secara berurutan sehingga hal ini akan lebih mudah untuk mencapai target yang telah ditentukan dalam RPP.
  2. Dengan menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran ini maka seorang tenaga pendidik dapat melakukan sebuah perbaikan terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Dan juga dapat dijadikan sebagai sebuah bahan acuan untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang selanjutnya. Hal ini berkaitan dengan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil yang diraih selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  3. Dengan RPP maka seorang tenaga pendidik dapat memprediksikan tentang gambaran umum dari sebuah pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hal ini juga berkaitan erat dengan materi pembelajaran yang diterapkan kepada peserta didik serta model atau strategi pembelajaran yang seperti apa yang dapat memperoleh hasil yang maksimal untuk diterapkan pada peserta didik tertentu. Jika hal ini dapat berjalan dengan baik maka kegiatan pembelajaran pun semakin berkualitas.
  4. Memudahkan tugas tenaga pendidik dalam memberikan pembelajaran. RPP dapat dijadikan sebagai sebuah alur yang harus dilalui oleh tenaga pendidik dalam memberikan sebuah pembelajaran kepada para peserta didiknya secara bertahap. Dengannya maka waktu yang diperlukan untuk sebuah kegiatan pembelajaran pun semakin jelas dan efektif.
Dan itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik. Selain itu, masih terdapat manfaat lainnya yang tidak dapat saya jabarkan di sini. Sekian, semoga bermanfaat.