Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/01/2014

Peranan Guru dalam Dunia Pendidikan

Peran Guru - Guru memegang suatu peranan penting di dalam dunia pendidikan. Bahkan bisa juga dikatakan bahwa berhasil atau tidaknya suatu pendidikan di negara bisa ditentukan oleh kualitas para guru yang tersedia di negara itu. Oleh karenanya, kesuksesan di dunia pendidikan di negara manapun akan dipengaruhi akan keberhasilan seorang guru.

Berikut ada beberapa ciri mengenai kesuksesan seseorang dalam menjadi seorang guru

Memiliki pandangan bahwa pekerjaan untuk mengajar merupakan sesuatu yang menarik juga menantang.
Guru dikatakan  gagal jika memiliki pandangan bahwa suatu pekerjaan mengajar merupakan pekerjaan yang tidak menarik, sehingga  akan memiliki dampak bahwa  guru akan kehilangan tanggung jawabnya dalam memberikan pendidikan yang semestinya. Seorang guru harus sadar bahwa kegiatan mengajar merupakan pekerjaan mulia dan butuh tanggung jawab pribadi agar hasil yang diharapkan tercapai.

Menganggap bahwa setiap permasalahan yang ada merupakan tantangan dalam dunia pendidikan
Seorang guru tidak diharapkan menyerah pada masalah – masalah yang akan muncul. Sebaiknya para guru menganggap suatu masalah yang ada bukan sebagai beban berat, melainkan sebagai sebuah tantangan yang harus segera ditaklukkan dalam proses pendidikan.

Sabar dan tidak pilih kasih 
Guru yang sukses tidak boleh menolak melayani siswa yang mengalami hambatan dalam proses belajar. Sebaiknya guru memberikan dukungan dan motivasi bagi siswa  sehingga siswa akan merasa terlindungi dan guru pun akan nyaman dalam menjalankan proses belajar mengajar.

Menerima segala kekurangan dan kelebihan para siswa.
Seorang Guru harus bisa menyadari  kemampuan yang dimiliki oleh peserta didiknya sehingga metode pengajaran bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada..

Siswa merupakan Individu mandiri yang sedang belajar.
Diharapkan para guru akan menghargai setiap siswa sebagai individu mandiri yang sedang belajar dan bukan suatu beban, karena siswa tersebut memerlukan arahan dan bimbingan yang benar sebagai landasan kehidupan bersosial dan bernegara nantinya.

Meningkatkan Citra yang hangat dan ramah di mata para 
Meskipun kegiatan belajar mengajar akan menuai banyak rasa baik suka maupun duka, namun sangat penting membangun citra yang hangat dan ramah dimata para siswa, sehingga para siswa akan lebih memahami proses belajar mengajar dengan lebih baik.